Jaga Stabilitas Ekonomi dan Pasokan Bahan Makanan, Pemkot Bekasi Gelar Gebyar Pangan Murah

Jaga Stabilitas Ekonomi dan Pasokan Bahan Makanan, Pemkot Bekasi Gelar Gebyar Pangan Murah

Gebyar pangan murah pemkot bekasi-Tuahta Simanjuntak-fin.co.id

BEKASI, FIN.CO.ID - Untuk menjaga stabilitas pasokan bahan pangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan menggelar kegiatan Gebyar Pangan Murah.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arif Prasetyo Adi mengatakan, Gebyar Pangan dilaksanakan secara serentak di wilayah Provinsi Jawa Barat termasuk Kota Bekasi. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan lima kali dalam sebulan, untuk Kota Bekasi pembuka dilaksanakan di kantor samsat dan selanjutnya dilanjut di Kecamatan dan Kelurahan Kota Bekasi sesuai wilayah yang sudah ditentukan.

BACA JUGA:Jangan Khawatir! Stok Pangan di Jakarta Berlimpah hingga Akhir Tahun, DKI Antisipasi Dampak Resesi 2023

“Pemerintah terus berupaya melakukan penguatan cadangan pangan nasional melalui BUMN, melakukan monitoring di pasar induk beras Cipinang merupakan barometer dari pergerakan nasional," ungkap Arif Prasetyo Adi, Rabu 9 November 2022.

Sebelumnya pihaknya juga telah melakukan operasi pasar, dan akan merencanakan akan disediakan ribuan ton beras 

"Kemarin kita lakukan operasi pasar, kurang lebih akan merencanakan 3.000 ton beras per minggu dengan harga yang sudah disubsidi oleh pemerintah," jelasnya.

BACA JUGA:Gubernur Ridwan Kamil Luncurkan Tapal Desa, Digitalisasi Lumbung Padi Antisipasi Krisis Pangan

Secara terpisah Sekdis DKPPP Kota Bekasi, Arif Supriyanto mengungkapkan, Peserta Gebyar Pangan Murah mayoritas diikuti pedagang yang khusus dari kelompok tani dan distributor yang ada di Kota Bekasi.

Hal tersebut yang membuat bahan-bahan sembako yang dijual dalam Gebyar Pangan Murah, lebih murah dari harga pasar.

“Di setiap kota di Jawa Barat membuka pasar murah dan salah satunya di Bekasi saat ini,” ucapnya.

BACA JUGA:Ini Cara Pemerintah Perkuat Ketahanan Pangan Nasional untuk Mencapai Pangan Berkedaulatan dan Mandiri

Arif Supriyanto berharap, adanya Gebyar Pangan Murah masyarakat Kota Bekasi dapat lebih terbantu guna menjaga perekonomian daerah.

“Harapannya pasar murah ini dapat membatu masyarakat Kota Bekasi, khususnya dan pada umumnya adalah salah satu kiat Dinas DKP3 dalam kiat kiat dalam menjaga inflasi daerah," terangnya.

Sumber: