Catat! Deretan Program SMF Untuk Mendorong Percepatan Program Sejuta Rumah Rakyat

Catat! Deretan Program SMF Untuk Mendorong Percepatan Program Sejuta Rumah Rakyat

Jajaran Direksi PT SMF (Persero): (kiri ke kanan) Direktur Keuangan dan Operasional SMF Bonai Subiakto, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

BACA JUGA:SMF Salurkan Pembiayaan 105 Homestay di 13 Desa Wisata Senilai Rp8,8 Miliar

BACA JUGA:SMF 'Tantang' BP Tapera dan BPD Pacu Peningkatan Pembiayaan KPR di Daerah

Jika sebelum perluasan mandat, SMF 'bermain' di pembiayaan sekunder atau secondary financing, sekarang boleh masuk ke project financing, pinjaman beragunan, pinjaman paripasu, warehousing, penyertaan, sekuritisasi dan banyak lainnya. 

Dengan demikian, peranan SMF tak hanya membantu masyarakat mendapatkan rumah, juga memberikan insentif bagi para developer menyediakan rumah yang dibutuhkan masyarakat.

Dengan perluasan mandat ini, SMF berharap keterlibatan perseroan dapat mengurangi backlog perumahan yang mencapai 12,71 juta berdasarkan kepemilikan dan 6,98 juta berdasarkan keterhunian. 

Sementara itu, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, program-program itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kesinambungan pembiayaan perumahan yang terjangkau oleh masyarakat, serta memperluas akses dana murah jangka panjang. 

BACA JUGA:Terungkap! Video Kebaya Merah Viral 16 Menit Syuting di TLS Hotel Gubeng Surabaya, Tarif Kamarnya Segini

BACA JUGA:Link Kebaya Merah 16 Menit Viral: Identitas Wanita Pemeran Video Syur Terungkap, Ternyata Dia Adalah....

Menurut Ananta, penggunaan dana murah jangka panjang ini sangat penting, karena perumahan merupakan sektor yang membutuhkan dukungan dana panjang. 

"Kalau untuk membiayai perumahan yang bersifat jangka panjang gunakanlah sumber dana jangka panjang. Jangan gunakan dana jangka pendek, jangan seperti tahun 1997-1998 yang menyebabkan krisis multidimensi," imbuh Ananta. 

Maka itu, berbagai inisiatif terus dilakukan Perseroan, termasuk mulai melakukan pengembangan pasar pembiayaan perumahan yang berwawasan lingkungan. 

Dalam pelaksanaanya, SMF memandang perlu menyusun kajian pengembangan Green Housing Finance. Perseroan juga mendalami lebih lanjut tahapan awal dari penerbitan Green Bonds dan Sustainability Bonds. 

BACA JUGA:Terungkap! Tempat Syuting Video Syur Wanita Kebaya Merah Bukan di Pulau Dewata, Tapi....

BACA JUGA:Link Video Wanita Kebaya Merah Diburu Netizen Hanya Ada di DoodStream, Cek Unduh Aplikasinya Disini

"Kami juga tergabung dalam Task Force Indonesian Green and Affordable Housing Program (IGAHP) yang diinisiasi oleh Kementerian PUPR," pungkas Ananta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: