15 Ribu Perangkat Set Top Box Siaran TV Digital Dialokasikan untuk Masyarakat Kurang Mampu

15 Ribu Perangkat Set Top Box Siaran TV Digital Dialokasikan untuk Masyarakat Kurang Mampu

Set top Box Siaran TV digital, Image oleh Renate Köppel dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - 15 ribu perangkat set top box siaran tv digital dialokasikan untuk warga kurang mampu.

Warga kurang mampu yang terima alokasi 15 ribu perangkat set top box siaran TV digital ini adalah untuk mereka yang tinggal di Kabupaten Batanghari di Jambi.

"Batanghari mendapat alokasi sebanyak 15 ribu unit bantuan set top box dengan sasaran masyarakat kurang mampu," kata Amir Hamzah di Muara Bulian, Sabtu.

BACA JUGA:Jangan Asal Beli Set Top Box, Ini 4 Tips Cara Aman Beli STB untuk Nonton Siaran TV Digital

"Sehingga mereka bisa menikmati siaran TV digital di perangkat TV mereka yang ada di rumah masing-masing saat ini," sambung  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batanghari itu.

Seperti diketahui, set top box siaran TV digital adalah alat untuk menangkap sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog atau TV jadul.

set top box siaran TV digital merupakan perangkat tambahan untuk mendukung program ASO, yang telah digulirkan sejak 2 November 2022.

Program ASO adalah program penghentian siaran TV analog menjadi digital, dan telah bergulit di beberapa wilayah terbatas.

BACA JUGA:Daftar STB Tersertifikasi Kominfo, Evercoss STB1 hanya Rp177.000

Amir Hamzah menyebutkan saluran antena biasa telah dialihkan menjadi TV digital.

Pemerintah pusat dan daerah melalui Kominfo telah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan set top box siaran TV digital tersebut.

Sejak Agustus 2022 lalu, ungkap Amir, Kominfo telah mulai menyebarkan bantuan sebanyak lebih dari 9 ribu set top box siaran TV digital lewat pihak penanggung jawab yang telah ditunjuk.

Bantuan Kominfo lalu disebarkan kepada warga di sejumlah titik sasaran.

"Kami akan terus berkoordinasi terkait dengan program pendistribusian STB ini, termasuk tindak lanjut dari program ini setelah perangkat itu digunakan oleh masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan, bantuan STB ini sangat membantu masyarakat khususnya yang kurang mampu sehingga perangkat TV mereka tetap bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk mendapatkan siaran TV digital.

Pasalnya, kata dia, akhir tahun ini pemerintah sepenuhnya akan menutup siaran TV analog.

Di sisi lain, kata dia, masyarakat juga harus proaktif menyikapi migrasi ke TV digital, karena masih ada masyarakat yang belum tahu dan mengerti program itu.

Baca juga: Kemenkominfo: Pembagian STB upaya penting dalam percepatan ASO

"Saya minta masyarakat juga proaktif dan saling menginformasikan program pemerintah ini, sehingga mereka bisa melakukan migrasi ke TV digital dengan perangkat STB," kata Amir Hamzah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: