Agar Tidak Boros dan Tetap Tenang Seusai Travelling, Berikut 4 Tipsnya!

Agar Tidak Boros dan Tetap Tenang Seusai Travelling, Berikut 4 Tipsnya!

Ilustrasi - kredit fiktif --

BACA JUGA:Liburan Seru di Alam Terbuka, Lima Rekomendasi Glamping di Bogor yang Bisa Jadi Pilihan

Agar tidak lupa untuk update, coba memasang alarm di penghujung hari sebagai pengingat untuk memperbarui catatan keuangan harian pribadi. Atau, jika merasa kesulitan meng-update setiap hari, bisa atur waktu selama dua kali sehari atau seminggu sekali. 

Yang terpenting, kondisi keuangan harus terus diperbarui sampai menerima dana pendapatan lagi pada bulan selanjutnya dan bisa melakukan travelling di lain waktu. 

4. Pastikan sudah punya dana darurat dan proteksi

Dalam setiap manajemen keuangan, sangat penting untuk menyisihkan beberapa persen dari jumlah gaji yang didapatkan untuk disimpan sebagai dana darurat. 

Dana darurat merupakan uang khusus disiapkan untuk kondisi darurat. Misalnya diri sendiri atau keluarga ada yang terkena musibah dan memerlukan biaya. 

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Temui Luhut, Tarif Naik Candi Borobudur Batal Naik?

BACA JUGA:Kementerian PUPR Selesaikan Revitalisasi Situ Bagendit, Ikon Pariwisata Baru di Garut

Kegunaan dana darurat untuk menutupi dan membayarkan kondisi darurat yang memerlukan biaya. Namun kadang, tidak pernah tahu

secara tepat dan rinci seberapa besar dana darurat yang dibutuhkan untuk mengatasi kondisi darurat yang terjadi kepada diri sendiri dan keluarga di masa depan.

Selain dana darurat, pastikan sudah punya proteksi untuk diri sendiri sebelum travelling. Sebab, liburan di tempat baru juga memiliki risiko, salah satunya seperti terjadi kecelakaan di perjalanan atau sebagai jaga-jaga pada saat jatuh sakit ketika sedang travelling. 

Itu sebabnya pemberian proteksi dini kepada diri sendiri sangat penting. Proteksi dini juga bisa diberikan untuk menunjukkan rasa cinta dan peduli terhadap diri sendiri bahkan untuk keluarga dengan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan. 

BACA JUGA:5 Fakta Mengenai Sungai Aare, Tempat Wisata Favorit Turis Hingga Warisan Budaya yang Diakui UNESCO

BACA JUGA:Indah dan Megah, Inilah 8 Destinasi Wisata di Turki yang Harus Dikunjungi

Untuk lebih mengenal proteksi dini untuk diri sendiri dan keluarga, di tengah momentum Bulan Inklusi Keuangan, Astra Life bersama dengan berbagai unit bisnis dari Astra Financial hadir secara langsung lebih dekat dengan masyarakat dalam gelaran acara FinEXPO 2022 yang diselenggarakan di Mall Central Park Jakarta pada tanggal 26 – 30 Oktober 2022. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: