Telkom Bangun Akses Air Bersih di Desa Pedalaman Nusantara

Telkom Bangun Akses Air Bersih di Desa Pedalaman Nusantara

Salah satu lokasi penyaluran bantuan sarana air bersih dan sanitasi Telkom--(dok.Telkom)

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021 setidaknya di Indonesia terdapat 19,71% rumah tangga yang belum memiliki akses air bersih maupun sanitasi yang layak, terutama di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal).

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalankan program bantuan sarana air bersih untuk peningkatan sanitasi layak masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Kolaborasi Telkom dengan Bank Sumut, Perkuat Ekosistem Digital Sektor Pertanian Sumatera Utara

BACA JUGA:Telkom Fokus Tumbuh Kembangkan Ekosistem Digital, Bangun Kekuatan Ekonomi Digital di Asia Tenggara

Program ini tidak hanya fokus untuk meningkatkan presentase akses air bersih saja, namun memiliki tujuan jangka panjang yang lebih luas mencakup peningkatan indeks kesehatan masyarakat dan mempercepat penurunan angka gizi buruk yang disebabkan oleh kualitas air di lingkungan.

Bantuan disalurkan dalam lingkup 7 regional wilayah bisnis Telkom dari sabang hingga merauke. Saat ini, program bantuan telah tersalurkan ke 70 titik lokasi dengan kebermanfaatan yang telah dirasakan hingga 68.740 masyarakat.

Untuk dapat mencapai tujuan jangka panjang dalam peningkatan kesehatan masyarakat, Telkom juga berupaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait sanitasi yang baik dengan mengadakan sosialisasi sekaligus pelatihan mengenai higienitas bagi masyarakat penerima bantuan.

“Intervensi sosial dilakukan Telkom demi menciptakan perubahan terencana terhadap masyarakat, baik individu maupun komunitas ke arah yang lebih baik melalui program-program yang berkelanjutan. Kami senantiasa mengukur dan mengevaluasi keberhasilan upaya-upaya untuk memastikan fungsi sosial yang dijalankan agar sesuai dengan harapan,” ujar Senior General Manager CDC Telkom, Hery Susanto.

BACA JUGA:Sukses Lakukan Uji Coba Layanan, Telkom Amankan Kualitas Infrastruktur Telekomunikasi Jelang G20 Summit 2022

Ini merupakan wujud komitmen Telkom dalam mendukung inisiasi pembangunan berkelanjutan dalam negeri sesuai dengan framework Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah disepakati secara global.

Dalam hal ini Telkom menjalankan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) salah satunya terkait dengan tujuan SDGs poin enam yaitu pemerataan akses air bersih dan sanitasi.

Pembangunan infrastruktur akses air bersih yang dilakukan oleh Telkom telah melalui banyak pengukuran dan pertimbangan pada setiap titik lokasi sehingga tidak menimbulkan kerusakan bagi lingkungan sekitar.

Proses distribusi dan instalasi infrastruktur air bersih berupa perangkat dan jaringan air bersih serta revitasiliasi sarana dibuat dengan  memanfaatkan sumber mata air terdekat di masing-masing lokasi.

BACA JUGA:Telkom Unjuk Keunggulan Ekosistem Digital di SOE International Conference 2022

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: