Segera Bawa Mobil ke Bengkel jika Pernah Kena Banjir, Awas Risiko Karat hingga Rem Blong

Segera Bawa Mobil ke Bengkel jika Pernah Kena Banjir, Awas Risiko Karat hingga Rem Blong

Segera Bawa Mobil ke Bengkel jika Pernah Kena Banjir, Image oleh J Lloa dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemilik kendaraan disarankan segera bawa mobil ke bengkel, khususnya untuk mobil yang sempat kena banjir.

Meski tidak sampai terendam banjir di bagian mesin, atau mobil masih bisa berjalan, bukan berarti mobil Anda aman dari permasalahan.

Menurut Auto2000 dalam siaran persnya, mobil yang sempat terkena banjir berpotensi alami beberapa masalah, salah satunya bau tak sedap dari dalam mobil.

BACA JUGA:Jangan Menerobos Banjir Jika Tak Ingin Jaminan Asuransi Kendaraan Anda Hangus

Efek membiarkan kabin mobil yang pernah tersusupi air banjir, akan menyebabkan bau tak sedap mengganggu perjalanan saat berkendara.

Gak cuma itu, menurut Auto2000, mobil yang pernah terkena banjir berpotensi alami kerusakan pada sistem kelistrikan kendaraan.

Beberapa area yang punya potensi rusak akibat baegera Bawa Mobil ke Bengkel jika Pernah Kena Banjir,njir adalah electronic control unit atau ECU dan sekering.

Belum lagi potensi mobil berkarat yang dapat disebabkan oleh air banjir.

Dengan ke bengkel untuk dicuci, maka pengguna mobil dapat menurunkan risiko karat dengan cara dibersihkan.

Selain di atas, potensi rem blong akibat endapan kotoran yang lama mengendap di kompponen mobil, dapat membahakan pengguna.

Bahaya Menerjang Banjir dengan Mobil

Ketika berkendara dengan mobil dan dihadapkan pada situasi jalanan yang tergenang banjir, maka salah satu opsi yang kerap diambil orang adalah menerjang banjir.

Tidak punya banyak waktu untuk memutar balik, terlalu percaya diri dengan kendaraan yang digunakan bisa menyebabkan orang nekat terjang banjir.

Padahal, menerjang banjir bukanlah tanpa risiko, tidak hanya membahayakan nyawa, kerusakan pada mobil yang digunakan adalah risiko lainnya yang berpotensi ditanggung.

Sebab itu, penting bagi pengendara mobil, khususnya di musim penghujan ini, harus terlebih dahulu mengerti tentang rute perjalanan mobil mereka, agar aman pulang dan pergi.

“Ada risiko yang harus dimengerti jika memaksakan untuk melewati jalan yang terkena banjir. Oleh sebab itu, persiapan sebelum bepergian dengan memantau kondisi cuaca dan jalan menjadi hal yang penting," kata Nur Imansyah Tara dari Aftersales Business Division Head Auto2000, via ANTARA.

Adapun beberapa risiko kerusakan mobil risiko yang harus siap ditanggung pengendara mobil kala menerjang banjir, kata Tara, adalah sebagai berikut:
1. Water Hammer
2. Kabin kemasukan air
3. Garansi kendaraan dan klaim asuransi berpotensi ditolak
4. Kecelakaan

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: