Mengerikan! Kasus Bunuh Diri di Indonesia Bisa Mencapai 4 Kali Lipat Dari Angka yang Dilaporkan

Mengerikan! Kasus Bunuh Diri di Indonesia Bisa Mencapai 4 Kali Lipat Dari Angka yang Dilaporkan

Ilustrasi Bunuh diri dengan cara melompat dari ketinggian. Dok: pexels-guilman-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Tingkat bunuh diri di Indonesia mencapai 4 kali lipat dari angka yang dilaporkan. 

Artinya, dari 10 kasus bunuh diri yang dilaporkan ke pihak berwajib, bisa saja ternyata jumlahnya mencapai 40 kasus bunuh diri. 

BACA JUGA:Pandemi Mengubah Kebiasaan Tidur Orang di Seluruh Dunia, Ini Efeknya ke Masyarakat Indonesia

BACA JUGA:Minum Kopi Tak Berlebih Dipercaya Bisa Membantu Melindungi Fungsi Kantong Empedu

Hal itu disampaikan oleh Project Leader & Founder EHFA (Emotional Health for All) dan President Indonesian Association for Suicide Pervention, Dr. Sandersan Onie dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 20 Oktober 2022. 

Topik kesehatan mental semakin sering terdengar dan membuat kesadaran serta kepedulian masyarakat yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. 

Seperti penyakit lain, masalah kesehatan mental bisa menyerang siapa saja tanpa memandang gender, status sosial, usia, ras, dan agama.

Meski menjadi topik yang mulai banyak terdengar bahkan dibicarakan influencer dan Youtuber, pengetahuan masyarakat terkait cara berhadapan dengan kesehatan mental belum sepenuhnya tinggi. 

BACA JUGA:Olahraga Peninggi Badan selain Berenang, Bola Basket Bisa Tambah Tinggi Orang hingga 20 Sentimeter

BACA JUGA:Cara Menolong Orang Tak Sengaja Telan Racun Tikus

Masih ada masyarakat cenderung mendiskriminasi dan mengucilkan orang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Hal ini jadi suatu kecenderungan seseorang akan memilih untuk bunuh diri. 

Stigma yang masih ada di masyarakat adalah orang dengan gangguan mental dianggap gila atau tidak waras. Akibatnya keluarga dan korban menjadi malu untuk mencari pertolongan dari profesional.

Hasil penelitian yang dipaparkan Dr. Sandersan Onie menunjukan, tingkat bunuh diri di Indonesia kemungkinkan 4 kali lipat dari angka yang dilaporkan selama ini.

Namun, lanjut Sanderson, angka percobaan mengakhiri hidup sendiri justru berkali-kali lipat jumlahnya.

Sumber: