DPR RI Apresiasi Australia Cabut Dukungan Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel

DPR RI Apresiasi Australia Cabut Dukungan Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel

Gedung DPR RI, Senayan- Jakarta. -FIN.CO.ID/Afdal Namakule-

JAKARTA, FIN.CO.ID- DPR RI mengapresiasi pemerintah Australia mencabut pengakuan Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel. 

Ada pun pengakuan Australia ini sejak tahun 2018. Kala itu, Australia dipimpin oleh Scott Morrison, memutuskan mengikuti jejak eks Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Namun baru pada Oktober 2022 ini, Australia secara resmi mencabut pengakua itu. 

Australia berpendapat bahwa status kota itu harus diselesaikan melalui negosiasi damai antara Israel dan rakyat Palestina.

Menanggapi hal tersebut anggota Komisi 1 Fraksi PKS DPR RI, Sukamta, mengapresiasi sikap pemerintah Australia.

“Perubahan kebijakan pemerintah Australia dengan mencabut pengakuan atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel patut kita apresiasi," ujar Sukamta, Kamis 20 Oktober 2022.

BACA JUGA:Lapid 'Naik Pitam' soal Australia Tidak Mengakui Yerussalem sebagai Ibukota Israel

BACA JUGA:Indonesia Dukung Australia Tarik Pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

Dia menilai, kebijakan ini menunjukan bahwa upaya Israel dengan memindahkan ibu kota dari Tel Aviv ke Yerusalem tidak mendapatkan dukungan dari banyak negara, termasuk Australia. 

"Pandangan pemerintah Australia bahwa penyelesaian konflik Israel-Palestina harus dilakukan dengan damai harus kita dukung,” tegas Sukamta.

Pencabutan pengakuan ini, kata dia, bisa menjadi pemicu dukungan perjuangan kemerdekaan Palestina dari berbagai negara selain Indonesia.

“Negara Indonesia sebagai negara yang terus memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan Palestina, sejak awal menolak kebijakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Indonesia perlu terus melanjutkan upaya menggalang dukungan dan mengambil langkah-langkah strategis dalam menyelesaikan masalah Palestina,” ujarnya.

BACA JUGA:Australia Ingin Selalu Jadi Teman Setia Israel, Tapi Tak Akui Yerussalem Barat sebagai Ibukotanya

Sukamta yang mewakili Fraksi PKS DPR RI menyatakan apresiasi sikap kepada pemerintah Australia dan berharap untuk bersama sama mendorong kemerdekaan Bangsa Palestina.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: