News

Jamkrindo Lakukan Transformasi Berkelanjutan Untuk Kinerja Unggul Mendukung UMKM

fin.co.id - 20/10/2022, 09:28 WIB

Jamkrindo

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri BUMN Erick Thohir terus melakukan sejumlah transformasi selama kepemimpinannya tiga tahun terakhir.

Transformasi menyeluruh dilakukan dengan memperbaiki proses dan fokus bisnis hingga penerapan budaya kerja dengan core value Akhlak, di mana transformasi tersebut telah membuahkan hasil yaitu kinerja yang solid perusahaan BUMN di tengah situasi pandemi covid-19.

Selaras dengan transformasi yang dilakukan oleh Kementerian BUMN, PT Jamkrindo juga melakukan transformasi untuk pertumbuhan berkelanjutan.

BACA JUGA: Jamkrindo Raih Penghargaan Best SOE dengan Predikat Prestisius

Sekretaris Perusahaan Jamkrindo Abdul Bari, mengungkapkan, Jamkrindo telah melakukan transformasi yang berfokus terhadap enam elemen strategis perusahaan.

Transformasi tersebut antara lain transformasi pada struktur organisasi, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), sistem teknologi, bisnis dan operasional, tata kelola manajemen risiko dan kepatuhan serta keuangan guna memperkuat kinerja perseroan secara berkelanjutan.

“Jamkrindo akan terus melakukan transformasi agar fundamental perusahaan semakin kuat serta inovatif sehingga Jamkrindo dapat menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan para mitra sekaligus menjawab peluang serta tantangan yang berkembang di bisnis penjaminan. Semoga dengan transformasi yang telah kami lakukan, Jamkrindo dapat berkontribusi lebih besar lagi dan berkelanjutan bagi mitra, masyarakat luas, stakeholders, regulator, dan juga secara umum kepada negara,” kata Bari.

Lebih jauh ia mengungkapkan, transformasi fundamental tersebut dibutuhkan karena Jamkrindo memiliki peran strategis untuk menjembatani UMKM feasible memperoleh akses pembiayaan yang lebih efektif dan efisien.

BACA JUGA: Jamkrindo Permudah Aksesibilitas Finansial UMKM kepada Lembaga Keuangan

Kehadiran Jamkrindo dalam hal ini membantu pelaku UMKM yang mengalami kesulitan ketiadaan atau kekurangan agunan agar dapat memperoleh fasilitas pembiayaan.

“Dengan adanya jaminan kredit dari Jamkrindo, maka UMKM yang feasible namun belum bankable dapat mengakses pembiayaan yang dibutuhkan. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan inklusi keuangan dan menggerakan perekonomian nasional,” ujarnya.

Dalam transformasi struktur organisasi, Jamkrindo mempertegas posisinya sebagai Perseroan Terbatas yang diperoleh sejak 2020 setelah beralih status dari Perusahaan Umum dan status menjadi anak usaha Indonesia Financial Group (IFG).

Perubahan status tersebut semakin mempermudah ruang gerak Jamkrindo dalam mengembangkan strategi dan target bisnisnya yang juga diiringi dengan pengkinian struktur organisasi dan penguatan organ-organ perusahaan.

BACA JUGA: Transformasi Layanan Digital, Mitra Terjamin Jamkrindo Capai 5 Juta Per Juni 2022

Untuk transformasi manajemen SDM, Jamkrindo tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan berbasis future competency, namun juga aspek manajemen kepemimpinan yang selaras dengan nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dan pengembangan talent pool perempuan dan millenial.

Admin
Penulis
-->