Bea Cukai Labuan Bajo Berikan Layanan Impor Sementara Kapal Cruise Asal Portugal

Bea Cukai Labuan Bajo Berikan Layanan Impor Sementara Kapal Cruise Asal Portugal

Bea Cukai Labuan Bajo lakukan pelayanan terhadap impor sementara Kapal Cruise “Heritage Adventurer” dengan menggunakan dokumen kepabeanan Vessel Declaration--(dok.Bea Cukai)

LABUAN BAJO, FIN.CO.ID -- Bea Cukai merupakan institusi yang diamanahkan Undang-Undang untuk menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan fasilitasi, serta optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai.

Dalam upaya mengoptimalkan fungsi kepabeanan di Pelabuhan Labuan Bajo, Bea Cukai Labuan Bajo lakukan pelayanan terhadap impor sementara Kapal Cruise “Heritage Adventurer” dengan menggunakan dokumen kepabeanan Vessel Declaration, pada Jumat (14/10).

BACA JUGA:Bea Cukai Sosialisasikan Ketentuan Cukai pada Masyarakat di Jawa Barat

BACA JUGA:Jalin Kolaborasi, Bea Cukai Siap Kembangkan Produk UMKM

“Kapal Cruise dengan bendera negara Portugal ini membawa lebih dari 100 orang yang terdiri dari kru dan penumpang. Rencananya, kapal ini akan berkunjung ke beberapa tempat di wilayah Republik Indonesia,” ungkap Ahmad Faesol, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Labuan Bajo.

Ahmad mengatakan bahwa impor sementara adalah kegiatan pemasukan barang impor ke dalam daerah pabean yang benar-benar dimaksudkan untuk diekspor kembali dalam jangka waktu paling lama tiga tahun.

“Kegiatan impor sementara dilengkapi dengan dokumen Vessel Declaration, yaitu dokumen pemberitahuan pabean yang digunakan saat impor sementara dan sekaligus digunakan saat ekspor kembali atas kapal wisata asing dan/atau suku cadang (spare parts),” imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan, pelabuhan Labuan Bajo adalah salah satu pelabuhan yang berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat yang berfungsi sebagai tempat pelayanan kepabeanan atas impor sementara kapal pesiar asing.

BACA JUGA:Dorong UMKM, Bea Cukai Jalin Kerja Sama di Tiga Wilayah Ini

Pelabuhan Labuan Bajo sendiri diproyeksikan untuk menjadi pintu utama bagi para wisatawan yang ingin melakukan wisata bahari di Labuan Bajo.

“Kami berharap melalui pelayanan kepabeanan yang diberikan dapat mendukung industri pariwisata Indonesia khususnya di wilayah Flores dan sekitarnya,” tutup Ahmad.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: