Makan Nanas Muda Bisa Cegah Kehamilan? Dengar Dulu Kata Dokter

Makan Nanas Muda Bisa Cegah Kehamilan? Dengar Dulu Kata Dokter

Makan Nanas Muda Bisa Cegah Kehamilan? Image oleh Nicky dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Makan nanas muda bisa cegah kehamilan? Ini adalah pertanyaan yang cukup banyak ditanyakan orang jagat maya.

Pertanyaannya, apakah nanas muda bisa cegah kehamilan ini mitos belaka atau benar efektif?

Well, menurut dr. Riza Marlina klaim makan nanas muda bisa cegah kehamilan itu tidaklah terbukti secara medis.

“Untuk nanas muda memang banyak dilakukan oleh wanita yang takut ingin hamil mereka mengonsumsi nanas, termasuk minum soda,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“(makan nanas muda) tetap saja tidak dapat mencegah kehamilan karena tidak ada penelitihan ilmiah mengataskan konsumsi minuman atau makanan tersebut mencegah kehamilan”.

“Jadi tidaklah benar ya (kalau makan nanas muda bisa cegah kahamilan). Malah berisiko menyebabkan gangguan pencernaan pada Anda,” tambahnya.

Menurut pendapat ahli, cara mencegah kehamilan yang tidak diinginkan adalah tentunya dengan penggunaan alat kontrasepsi.

“Kehamilan dapat dicegah hanya dengan tidak nelakukan hubungan seks dan menggunakan alat kontrasepsi.

jika pembuahan sudah terjadi maka tidak dapat untuk mencegah kehamilan, malah kondisi ini dikatakan dengan pengguran kehamilan bukan mencegah lagi.

Senada dengan pendapat di atas, menurut dr. Theresia Rina, via KlikDokter, tidak ada penelitian yang menyebutkan soal makan nanas muda untuk cegah kehamilan.

Cara Cegah Kehamilan dengan KB Darurat

Ada kalanya pasangan sulit menahan keinginan mereka untuk 'itu'. Dan ketika hal itu terjadi, baik prianya mau pun wanitanya, terkadang lupa menggunakan pelindung.

Parahnya lagi, saat keduanya tidak terlindungi, si pria justru malah 'keluar' di dalam.

Akibatnya potensi kehamilan yang tidak diinginkan pun meningkat. Pada kasus yang seperti ini, orang masih bisa menghindari situasi yang tidak diinginkan dengan pil KB darurat.

Akan tetapi ada syaratnya. Dan bahwa efektifitas dari pil KB darurat akan sangat tergantung pada kapan obat ini diminum.

"Pil KB darurat mengandung hormon sintetik levonorgestrel yang efektif mencegah kehamilan apabila digunakan dengan cara yang benar," kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Akan tetapi, lanjut dr. Nadia, jenis obat ini bukanlah obat yang bisa dikonsumsi secara sembarangan.

"Pil KB darurat juga tidak tepat digunakan sebagai upaya pencegahan kehamilan rutin, melainkan hanya pada saat-saat darurat saja, misalnya pada korban pelecehan seksual," tambahnya.

Ada pun waktu waktu yang dianjurkan untuk meminum pil KB darurat, agar efektif adalah tidak melewati waktu idealnya.

"Idealnya, pil KB darurat dikonsumsi dalam 0-72 jam usai berhubungan seksual," ungkapnya.

Ia juga menyarankan untuk topik yang sensitif seperti ini, pasangan diminta untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan.

Di sana dokter spesialis akan mengarahkan jenis KB yang paling tepat, untuk mereka yang belum berencana mendapatkan momongan.

"Adapun jika Anda merasa terlanjur berhubungan **** namun belum siap hamil, dokter juga bisa mengarahkan pada Anda tatalaksana terbaiknya. Semoga membantu ya," tutup dr. Nadia Nurotul Fuadah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: