UEA Panggil Kepala Misi Uni Eropa Gegara Komentar Rasis

UEA Panggil Kepala Misi Uni Eropa Gegara Komentar Rasis

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell menghadiri KTT dan Pertemuan Informal EU 27 dalam Komunitas Politik Eropa di Kastil Praha, di Praha, Republik Ceko, 7 Oktober 2022. REUTERS/David W Cerny--

ABU DHABI, FIN.CO.ID- Otoritas Uni Emirat Arab (UEA) memanggil penjabat kepala misi delegasi Uni Eropa (UE) untuk UEA atas pernyataan rasis yang dilontarkan oleh kepala kebijakan luar negeri UE Josep Borrell pekan lalu.

Kementerian luar negeri UEA mengatakan pernyataan itu tidak pantas dan diskriminatif.

Pernyataan itu dinilai berkontribusi pada memburuknya iklim intoleransi dan diskriminasi di seluruh dunia. Demikian lapor kantor berita negara UEA (WAM).

Dalam sambutannya di Akademi Diplomatik Eropa belum lama ini di Bruges, Belgia, Borrell menyebut Eropa sebagai 'taman' dan sebagian besar dunia sebagai 'hutan' yang bisa menyerang taman. 

“Para tukang kebun harus merawat taman, tetapi mereka tidak akan melindungi taman dengan membangun tembok. Taman kecil yang bagus dikelilingi oleh tembok tinggi untuk mencegah masuknya hutan tidak akan menjadi solusi," katanya dilansir Reuters, Selasa 18 Oktober 2022. 

"Karena hutan memiliki kapasitas pertumbuhan yang kuat, dan tembok itu tidak akan pernah cukup tinggi," kata Borrell, politisi Spanyol.

BACA JUGA:Bertemu Presiden UEA, Jokowi Bahas Tindak Lanjut Kerja Sama Investasi di RI

BACA JUGA:Normalisasi Hubungan UEA dan Israel Adalah Pengkhianatan

"Tukang kebun harus pergi ke hutan. Orang-orang Eropa harus lebih terlibat dengan seluruh dunia. Jika tidak, seluruh dunia akan menyerang kita," katanya lagi.

Pada konferensi pers pada hari Senin kemarin, Borrell membantah bahwa komentarnya itu  adalah rasis atau kolonialis, kantor berita EFE melaporkan. 

Kata dia, komentar itu dimaksudkan untuk menolak gagasan 'benteng Eropa' dan untuk mendorong siswa untuk terlibat dengan dunia, katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: