Apa Benar Parfum Sebabkan Kanker? Ini Penjelasan Ahli

Apa Benar Parfum Sebabkan Kanker? Ini Penjelasan Ahli

Apa benar parfum sebabkan kanker? Image oleh oleh PDPics dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Apa benar parfum sebabkan kanker? Sebagian orang meyakini bahwa parfum yang kita gunakan itu berbahaya untuk kesehatan.

Menurut mereka, parfum yang mengandung akan zat penyebab kanker membuat penggunaannya berbahaya untuk digunakan kesehariannya.

Namun apa benar parfum sebabkan kanker?

Menurut ahli farmakologi molekuler University of Adelaide Australia Ian Musgrave, hal itu tidak seperti yang diklaim segelintir orang.

Apalagi jika sampai ada yang mengatakan bahwa parfum yang di jual di pasaran, seperti yang dijual di toko-toko, adalah sebuah kabar bohong alias hoaks.

"Parfum komersial pada umumnya mengandung sedikit phthalate, yang digunakan sebagai pelarut atau zat penstabil bau parfum," kata Musgrave seperti dikutip Australian Associated Press.

Klaim Musgrave ini merujuk pada penelitian Badan Internasional Peneliti Kanker (IARC). IARC sebelumnya menyatakan parfum mungkin mengandung phthalate dan bahan kimia lainnya.

Meski begitu menurut IARC, paparan bahan kimia dalam parfum secara umum diakui dalam batasan aman untuk manusia.

Sementara itu menurut pendapat ahli dari Dewan Kanker Australia, menyatakan tidak ada bukti yang menyebutkan parfum sebabkan kanker.

Parfum Bikin Pusing

Parfum yang Anda gunakan bikin pusing? Itu merupakan tanda bagi Anda untuk menggantinya.

Demikian anjuran ahli seperti dilansir Men’s Health.  Mengapa demikian, karena hal menandakan jika ada potensi sesuatu salah dengan produk yang Anda gunakan. 

Penyebabnya, menurut temuan ahli, adalah dikarenakan kebanyakan dari jenis wewangian ini melepaskan polutan  pada udara.

Yang lebih bahayanya  lagi adalah keberadaan karsiogenik, atau zat penyebab tumbuhnya sel kanker pada manusia, yang tentunya tidak ingin Anda hirup.

Ciri lain dari parfum yang berbahaya ini, juga menyebabkan gejala lain efek samping seperti sulit bernapas, batuk-batuk, hingga migraine dan mual-mual.

Tidak cuma parfum, deodoran, pewangi ruangan dan cairan pembersih juga berpotensi sebabkan hal  yang disebutkan di atas.

Temuan akan efek produk wewangian dan sejenisnya ini, dirilis ahli pada Preventive Medicine Reports.

Sumber: