Kulit Kaki Belang karena Sandal Jepit, Begini Cara Mengatasinya

Kulit Kaki Belang karena Sandal Jepit, Begini Cara Mengatasinya

kulit kaki belang karena sandal jepit, Ilustrasi oleh Julita dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kulit kaki belang adalah salah satu hal yang dikeluhkan orang, yang kesehariannya menggunakan sandal jepit.

Ya, pada bagian yang tidak tertutup bagian sandal jepit, kulit kaki umumnya terbakar matahari di siang hari, menyebabkan kulit kaki pengguna sandal jepit menjadi belang.

Akibatnya lagi, kulit kaki belang karena sandal jepit ini akan sangat kentara ketika seseorang melepas sandal jepitnya, seperti kala di rumah atau saat masuk masjid misalnya.

Otomatis, Anda yang punya kulit kaki belang yang seperti ini bisa malu sendiri.

Menurut dr. Riza Marlina, kulit kaki belang karena sandal jepit ini pada dasarnya tidak akan permanen.

“Anda tidak perlu khawatir belang pada kulit ini akan kembali dengan warna semula kulit Anda,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip dari Alodokter.

Akan tetapi untuk mengembalikan warna kulit normal, Anda diwajibkan untuk melakukan sedikit modifikasi.

“Namun jika anda terus terpapar sinar matahari, kulit kaki yang belang akan terus terjadi. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan,” sambungnya.

Salah satu tips dr. Riza Marlina cegah kulit kaki belang, adalah dengan menggunakan kaos kaki atau alas kaki tertutup.

“Selain itu, gunakan pelembab pencerah yang mengandung vitamin c, vitamin e, glutathione dan lainnya,” jelasnya.

Penggunaan tabir surya untuk mengembalikan kulit kaki belang menjadi normal, kata dr. Riza Marlina, tidak kalah pentingnya.

“Menggunakan tabir surya ini sangat penting, gunakan spf minimal 30 ya, gunakan 15 menit sebelum beraktivitasi di luar rumah dan ulangi setiap 2 jam sekali” sarannya.

dr. Riza juga menyarankan Anda melakukan scrubing dua hingga tiga kali dalam sehari, untuk mengatasi kulit belang yang dialami.

Tips Mengatasi Kulit Belang di Muka dan Bagian Tubuh Lain
Menurut ahli, via Halodoc, penggunaan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari, dapat membantu dalam percepatan proses perbaikan warna kulit.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan dioleskan pada kulit 15 hingga 30 menit sebelum meninggalkan rumah. Ulangi proses ini setiap dua jam sekali.

Penggunaan topi, baju lengan panjang dan sarung tangan, apalagi jika mengendarai motor, atau langsung terpapar sinar matahari, tidak kalah pentingnya untuk mencegah kulit belang.

Selain menggunakan tabir surya, penggunaan lulur yang memiliki butiran halus di dalamnya, bagus intuk proses eksfoliasi.

Fungsi dari lulur di sini adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengembalikan kecerahan kulit.

Pakai lulur 2 hingga 3 kali dalam sepekan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Penggunaan masker alami berbahan buah tomat, kentang, madu, yogurt (pilih salah satu) juga bagus untuk mengatasi kulit belang.





Sumber: