Resmi Jadi PJ Gubernur DKI, Heru Budi Hartono Tetap Jadi Kasetpres

Resmi Jadi PJ Gubernur DKI, Heru Budi Hartono Tetap Jadi Kasetpres

Kepala Sekretariat Presiden (Kesetpres) Heru Burdi Hartono-indra arief-Antara

JAKARTA, FIN.CO.ID- Heru Budi Hartono resmi dilantik sebagai penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta gantikan Anies Baswedan yang purna tugas pada 16 Oktober 2022.

Meskipun jadi Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono tetap menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin mengatakan, pelayanan kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tidak akan berubah meskipun Kasetpres Heru Budi Hartono menjabat sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Kami jamin tidak akan berubah. Itu sama, kan kami sudah punya standar, kami yakin tidak akan perubahan, jadi tidak perlu diganti. Makanya, saya sebutkan kami hanya mengucapkan selamat kepada Pak Heru sebagai Pj Gubernur DKI, tapi kami tidak mau melepas (jabatan Kasetpres Heru)," kata Bey Machmudin di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip Antara, Senin 17 Oktober 2022.

Heru Budi telah menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) sejak 2017. Dengan demikian, selama Heru menjalankan tugas sebagai PJ Gubernur DKI, akan terdapat pelaksana harian (plh) kasetpres untuk membantu Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Heru Budi Hartono Resmi Dilantik Jadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta

Pelaksana harian ini akan dilaksanakan secara bergantian oleh Bey Machmudin dan Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Rika Kiswardani sesuai periode waktu.

Bey menambahkan tidak akan ada pergantian jabatan kasetpres, sehingga Heru akan tetap sebagai Kepala Setpres.

"Dalam pandangan kami, mengapa Pak Heru dipilih menjadi Pj Gubernur DKI? Karena jabatan eselon satu. Artinya, karena kinerja beliau sebagai Kasetpres, jadi tidak perlu diganti, tinggal dijalankan saja; yang penting kan Pak Heru menjadi Pj Gubernur DKI tidak mengganggu pelayanan kepada Bapak Presiden dan Ibu Negara," jelas Bey.

Jika Heru disibukkan dengan tugas-tugas sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta, Bey mengatakan dirinya dengan Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Rika Kiswardani, sesuai periode waktu.

BACA JUGA:Beredar Kabar, Politisi Kebon Sirih Tidak Suka Figur Pj Gubernur Heru Budi, Ada Apa?

"Keputusan yang kami buat itu sudah atas Sekretariat Presiden. Jadi, tidak perlu kaku harus Pak Heru semua, yang penting kan kecepatan pengambilan keputusan tetap dilakukan dan kami sudah menghitungkan risiko-risiko itu. Jadi, insya Allah tidak akan berubah dalam pelayanan kepada Presiden dan Ibu Negara dalam protokol, peliputan, dan pelayanan lain," ujar Bey.

Heru Budi Hartono Resmi Dilantik Jadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden RI, Heru Budi Hartono resmi dilantik sebagai penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta hari ini di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin 17 Oktober 2022. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: