Harga Oculus Quest 3 Bakalan Lebih Terjangkau

Harga Oculus Quest 3 Bakalan Lebih Terjangkau

Harga Oculus Quest 3 Lebih Terjangkau. Pada gambar adalah Meta Quest 2, Image Credit: Meta--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Harga Oculus Quest 3 masih jadi misteri. Oculus Quest 3 disebut bakal jadi perangkat VR terbaru dari Meta.

Namun ketika bicara perangkat yang ada sekarang, Meta Quest Pro, oleh sebagian pihak dianggap kemahalan, membuat orang harus pikir-pikir lagi untuk membelinya.

Namun ketika bicara perangkat VR baru Meta, harga Oculus Quest 3 disebut bakal lebih terjangkau dari Meta Quest Pro.

Dalam sebuah wawancara singkat CEO Meta dengan Stratechery, via TRG, ditemukan fakta menarik terkait harga Oculus Quest 3.

Dari situ, diketahui bahwa penerus langsung dari Oculus Quest 2, Oculus Quest 3 bakal punya harga 300 hingga 500 dolar AS.

Itu artinya, Oculust Quest 3 tidak akan lebih murah dari 300 dolar, namun tidak lebih mahal dari 500 dolar AS.

Sedikit bocoran dari Meta ini keluar, setelah tidak lama sebuah info menyebutkan bahwa Oculus Quest 3 akan memiliki desain yang kurang lebih sama dengan Quest 2.

Akan tetapi Oculus Quest 3 ini disebut bakal punya lensa yang lebih tipis, selain bobotnya yang akan sedikit ringan dari Oculus Quest 2.

Akan tetapi yang menjadi salah satu kekurangan dari Oculus Quest 3, mungkin adalah belum adanya fitur eye-tracking, sebagaimana ditemukan pada PlayStation VR2.

Meta sendiri mungkin belum akan menghadirkan teknologi eye-tracking pada perangkat virtualnya, lantaran tengah berupaya agar Oculus Quest 3 ini lebih affordable bagi banyak pengguna.

Meski begitu, segala kemungkinana masih bisa saja terjadi, dan perubahan akan desain Oculus Quest 3 dengan tambahan eye-tracking masih bisa saja terjadi.

Project Cambria

CEO dan Founder Meta Mark Zuckerberg konfirmasi perilisan perangkat virtual reality (VR) terbaru mereka, dan Oktober 2022 adalah bulan yang dipilihnya untuk launching.

Kabar itu keluar saat Mark sedang berkomentar di podcast milik Joe Rogan. Mark menyebutkan jika perangkat VR terbaru ini memiliki codename “Project Cambria”.

“Untuk perangkat (VR) berikutnya akan rilis pada bulan Oktober, (dan akan) ada beberapa fitur baru," kata Mark Zuckerberg seperti dikutip The Verge.

Adapun yang baru dari perangkat VR Meta ini, adalah peningkatan fitur pemindaian wajah yang disematkan pada headset itu.

Kerennya lagi, perangakat VR baru tersebut mampu melacar pergerakan mata di dunia nyata dan memprosesnya di dunia virtual melalui avatar, dan terjadi secara real time.

"Jika tersenyum atau jika mengerutkan kening, atau ketika sedang cemberut, atau apapun ekspresi Anda, perangkat ini akan mampu menerjemahkan itu secara real time ke avatar Anda," jelas Mark.

Adanya fitur baru itu sejalan dengan bocoran-bocoran yang telah menyebar di pecinta teknologi yang menyebutkan "Project Cambria" dikembangkan dengan layar beresolusi tinggi serta sensor internal untuk melacak mata.

Pada bulan lalu, Bloomberg bahkan melaporkan produk itu bisa meluncur dengan nama Meta Quest Pro.

Terlepas dari apapun namanya nanti saat dirilis, Cambria akan mengisi jajaran produk headset VR di kelas pemula.

Cambria seharusnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan perangkat Meta Quest yang baru-baru ini harganya meningkat menjadi 399 dolar AS setara Rp5,9 juta saat ini.

Apple Juga Bakal Ngeluarin Perangkat VR

Menurut prediksi 9to5Mac dan analis Ming-chi Kuo, perangkat AR/VR  Apple ini bakal nongol pada Januari 2023.

Menurut Ming-chi Kuo, headset AR/VR Apple ini bakal jadi perangkat Apple dengan desain paling rumit yang pernah dibuat.

Masih menurut Kuo, headset AR/VR Apple ini diprediksi bakal menjadi game changer, dan bakal diminati oleh mereka yang hobi akan gaming dan multimedia.

Bahkan CEO Apple Tim Cook disebut tanpa sengaja, atau mungkin memberikan hint, bahwa perangkat augmented reality dan virtual reality ini, akan menjadi sesuatu di masa mendatang.

Sumber: