Mata Bengkak usai Bangun Tidur, Penyebab dan Solusinya

Mata Bengkak usai Bangun Tidur, Penyebab dan Solusinya

Mata Bengkak, Ilustrasi oleh Hatice EROL dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Terbangun dari tidur dengan mata bengkak menandakan ada yang salah dengan kondisi Anda.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, penyebab mata bengkak setelah bangun tidur bisa dikarenakan dermatitis kontak.

Dermatitis kontak yang menyebabkan mata bengkak saat bangun tidur ini, disebabkan oleh peradangan kulit lokal, akibat bersentuhan dengan zat alegenik atau iritatif.

BACA JUGA:Solusi Mata Bengkak dan Menghitam

Jika bukan karena dematitis kontak, kata dr. Nadia, mata bengkak ini bisa disebabkan oleh faktor lain.

“Mata yang mendadak bengkak sehabis bangun tidur bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti hordeolum, alergi makanan atau substansi lain, kalazion, habis cidera, blefaritis, selulitis, dan sebagainya,” jelas dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Untuk cara mengatasi mata bengkak usai bangun tidur, Anda disarankan untuk memberikan kompres hangat pada kelopak mata yang terdampak.

Selain mencuci mata dan area disekitarnya tetap bersih, Anda juga disarankan untuk tidak dulu menggunkan kosmetika di area mata.

“Jauhi hal-hal yang membuat Anda alergi atau rentan mengiritasi kulit mata Anda. Tidur lebih awal, posisikan kepala lebih tinggi agar bengkak berkurang dan tidak dulu sembarangan memberi obat ke mata yang bengkak,” saran dia.

Kapan Harus ke Dokter jika Mata Bengkak

dr. Nadia Nurotul Fuadah juga meminta Anda untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter mata, apabila bengkak ini tidak membaik dalam 1-3 hari ke depan.

Mata Bengkak akibat Menangis

Menangis adalah salah satu cara tubuh manusia untuk meluapkan emosi mereka. Terkadang, mengis juga dibutuhkan manusia, karena ada manfaatnya tersendiri.

Akan tetapi, efek dari menangis itu kerap sulit untuk ditutupi, lantaran mata umumnya akan terlihat sembab atau membengkak.

Pertanyaannya, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi mata kembali normal usai menangis?

Well, menurut ahli, via Alodokter, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi mata bengkak usai menangis, yang bisa dicoba di rumah:

Gunakan kompres dingin

Siapakan handuk atau kain dan air dingin, lalu rendam. Letakan handuk atau kain kompres dingin ini di kedua mata, dan pastikan mata Anda dalam keadaan tertutup. Beri kompres dingin ini kurang lebih sekitar 10 menit untuk merasakan efeknya.  

Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari badan

Jika punya banyak waktu untuk menurunkan mata yang bengkak usai menangis, Anda bisa melakukannya melalui tidur dengan posisi kepala ditinggikan.

Kompres timun dingin

Siapkan timun dan cuci terlebih dahulu, buat dua irisian timun dan diletakan pada mata yang bengkak. Ganti kompres timun jika dinginnya sudah tidak lagi dirasakan.

Kompresi kantong teh dingin

Pastikan untuk terlebih dahulu menyiapkan dua kantong the yang sudah dibasahi dan simpan dalam kulkas selama 20 menit. Beri kompres kantong es teh dingin di kedua mata.

Tutupi dengan Makeup

Ini jika Anda tidak sama sekali sempat atau punya banyak waktu untuk menurunkan mata yang bengkak akibat menangis. Dengan concealer, Anda bisa menyamarkan mata bengkak untuk sementara waktu.

 

Sumber: