AHY Dinilai Bisa Jadi Kunci Kemenangan dalam Pilpres 2024, Ini Hitung-hitungannya

AHY Dinilai Bisa Jadi Kunci Kemenangan dalam Pilpres 2024, Ini Hitung-hitungannya

Anies Baswedan bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan tajuk Silaturahmi Politik Anies-AHY di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Jumat. (ANTARA/Boyke Ledy Watra)--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Lembaga survei Republic Institute mengungkapkan bahwa Pemilihan Presiden (Pilpres), calon Wakil Presiden nantinya akan menjadi penentu kemenangan Calon Presiden. 

Menurut peniliti utama Republic Institute Dr. Sufyanto, ketiga kandidat Capres yang sekarang, tidak ada yang menonjol seperti pemilu 2014 atau 2019.

"Karena itu dibutuhkan Cawapres yang dapat memberikan kontribusi suara signifikan," kata Sufi, Jumat 14 Oktpber 2022.

Dia menjelaskan, survei se-Jawa menunjukkan ada lima tokoh dengan elektabilitas tinggi sebagai Cawapres. 

BACA JUGA:AHY Serukan Pertemuan G20 Jadi Ruang Dialog Antar Pemimpin Negara; Kita Ingin Perdamaian dan Kestabilan

Mereka adalah adalah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (12,4 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (11,5 persen), Gubernur DKI Anies Baswedan (10,3 persen), Gubernur Jabar Ridwan Kamil (9,8 persen), dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (6,5 persen). 

Dari lima nama itu, Sufyanto menilai AHY paling potensial memberikan insentif suara terhadap Capres yang berpasangan dengannya nanti. 

"Lebih dari 50 persen basis pemilih Demokrat sudah solid memilih AHY. Sudah tentu ini jadi modal bagi Capres yang berpasangan dengan AHY," ungkap Sufi.

“Kalau AHY, semisal, berpasangan dengan Anies di Pilpres, maka lebih dari 70 persen basis pemilih Partai Demokrat akan memilih pasangan ini”, sambungnya.

BACA JUGA:Ancaman Resesi Global, AHY: Rakyat Kecil Paling Terdampak, Butuh Perubahan dan Perbaikan

"Ini belum memperhitungkan basis pemilih Nasdem dan PKS yang juga solid," kata dia lagi.

Dia mengatakan, elektabilitas AHY tinggi sebagai Cawapres tersebar merata di berbagai kalangan pemilih, baik itu pemilih berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, tingkat pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan organisasi massa (ormas). 

Survei se-Jawa The Republic Institute ini menemukan publik lebih memposisikan AHY sebagai Cawapres daripada sebagai Capres. 

Berdasarkan temuan survei mereka, yang dilakukan sejak 28 Agustus-12 September 2022, tingkat elektabilitas AHY sebagai Capres berada di urutan keempat dengan angka 4,1 persen, di bawah Ganjar Pranowo (24,7 persen), Prabowo Subianto (19,6 persen), dan Anies Baswedan (16,9 persen). 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: