Mengapa Bibir Hitam padahal Tidak Merokok, Ini Penyebab dan Solusinya

Mengapa Bibir Hitam padahal Tidak Merokok, Ini Penyebab dan Solusinya

Bibir Hitam, Image oleh oleh Barbora Hnykov√° dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Warna bibir hitam dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Dan yang jadi pertanyaan banyak orang adalah, apa yang menyebabkan bibir hitam padahal tidak merokok.

Menurut pendapat ahli, warna bibir yang hitam ini dapat disebabkan oleh faktor keturunan.

Dan jika bukan karena itu, warna bibir yang hitam ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon.

BACA JUGA:Bibir Kering Pecah-pecah, Buka Mulut Saja Sakit? Ini Penyebabnya

Iritasi dan alergi terhadap kosmetik, paparan sinar matahari yang terlalu lama, hingga kebiasaan orang merokok, juga jadi penyebab bibir berwarna hitam.

Beberapa kebiasaan lain, kata dr. Riza Marlina, jadi penyebab bibir orang berwarna hitam.

Sebab itu, membatasi kebiasaan minum minuman berkafein, seperti kopi salah satunya, penting juga untuk mencegah bibir berwarna hitam.

Menghindari kebiasaan menggigit dan menjilat bibir, disebut dapat menghindarkan Anda mengalami bibir hitam.

Dan agar terhindar dari bibir hitam, menggunakan lip balm, dengan kandungan spf 30 atau lebih, sangat dianjurkan oeh dr. Riza Marlina.

Menghindari adanya “kandungan menthol, parfum, kamper, papperment, lanolin, fenol dan asam salisilat, pada kosmetik juga tidak kalah pentingnya.

Tips Mengatasi Bibir Hitam

“Anda bisa melakukan pijatan bibir menggunakan minyak almond. melakukan scrub pada bibir setidaknya 2 kali seminggu bisa anda buat sendiri dirumah menggunakan minyak zaitun atau madu dicampur dengan gula,” saran dr. Riza Marlina.

Bibir Hitam akibat Kebiasaan Merokok

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mereka yang punya kebiasaan merokok, punya masalah dengan warna bibir.

Masalah yang dimaksud di sini adalah warna bibir yang terlihat menghitam, dan berbeda jauh dari warna natural bibir pada umumnya.

Namun taukah Anda jika warna bibir yang menghitam akibat kebiasaan merokok ini bisa atasi dengan beberapa cara yang berbeda
Berikut cara mengatasi bibir hitam akibat kebiasaan merokok, seperti dilansir Halodoc:

1.    Eksfoliasi

Yang perlu dilakukan untuk eksfoliasi adalah menyiapkan bahan seperti gula pasir, madu atau minyak zaitun (pilih salah satu, madu saja atau minyak zaitun saja).

Setelah itu campurkan gula pasir dengan madu, atau dengan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pasta hasil campuran kedua bahan di atas pada area bibir.

Diamkan hingga mengering sebelum Anda menggunakannya untuk menggosok bibir, dan lakukan dengan cara perlahan
Setelah itu, bersihkan bibir dengan air dan berikan pelembab agar bibir terlihat cerah.

2.    Tetap terhidrasi

Yang perlu dilakukan di sini adalah menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Dengan rutin minum air putih, akan membantu menyerahkan bibir secara alami.

3.    Masker bibir

Selain Eksfoliasi, ada juga yang namanya masker bibir, juga melibatkan madu. Hanya saja, bukan menggunakan gula, Anda harus mencampur madu dengan setengah sendok the bubuk kunyit, dan setengan sendok perasan lemon.

Setelah dicampur dengan rata, oleskan masker bibir di area bibir, dan tidak perlu tebal-tebal. Setelah kering, bersihkan dengan air dan diberi pelembab bibir.

Sumber: