Komnas HAM Blak-blakan Soal Investigasi Tragedi Kanjuruhan, Terkait Indosiar dan LIB

 Komnas HAM Blak-blakan Soal Investigasi Tragedi Kanjuruhan, Terkait Indosiar dan LIB

Potret mengharukan saat dua orang suporter menyelamatkan anak kecil di dalam stadion Kanjuruhan Malang (dok Istimewa)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penentuan jadwal pertandingan antara Persebaya Vs Arema yang menyebabkan tragedi Kanjuruhan tengah didalami Komnas HAM. 

Komnas HAM mendalami penentuan jadwal pertandingan antara Persebaya Surabaya dan Arema Malang di Stadion Kanjuruhan, telah meminta keterangan dari pihak Indosiar.

BACA JUGA:Tugas TGIPF Tragedi Kanjuruhan Selesai, Mahfud MD Minta Maaf kepada Pers karena...

"Salah satunya (yang didalami) adalah soal berhubungan dengan jam tayang dan jam permainan," ujar anggota Komnas HAM Choirul Anam, Kamis 13 Oktober 2022. 

Anam menyampaikan, berdasarkan pendalaman itu, pihaknya pun menghimpun keterangan mengenai komunikasi antara Indosiar dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam menentukan jadwal pertandingan, kontrak kerja sama kedua belah pihak, bahkan langkah jika hendak melakukan perubahan jadwal tersebut.

Di samping itu, tambah Anam, Komnas HAM juga meminta keterangan pihak Indosiar, yang di antaranya adalah Direktur Utama Indosiar Imam Sudjarwo dan Direktur Program Surya Citra Media (SCTV dan Indosiar) Harsiwi Achmad, mengenai konsekuensi apabila kontrak mengenai ketentuan jadwal pertandingan diubah.

"(Kami meminta keterangan) Apakah ada penalti atau tidak ada, terus bagaimana mekanisme, komunikasi, perubahan jadwal dan tidak perubahan jadwal, terus siapa yang memutuskan, bagaimana cara memutuskannya, bagaimana argumentasi, dan memutuskan masing-masing perubahan itu," ucap Anam.

BACA JUGA:Ngeri... Ternyata Korban Tragedi Kanjuruhan Tembus 754 Orang

Ia lalu mengatakan hasil-hasil keterangan secara mendetail yang juga dilengkapi dengan beberapa dokumen dari Indosiar itu akan dimuat dalam laporan akhir pemantauan dan penyelidikan dari Komnas HAM mengenai tragedi Kanjuruhan.

Meskipun mendalami mengenai penentuan jadwal pertandingan yang melibatkan Indosiar dan LIB, pada kesempatan tersebut Direktur LIB Akhmad Hadian Lukita tidak hadir memenuhi panggilan Komnas HAM.

"PT LIB yang kami undang hari ini tidak datang karena beralasan masih menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Timur dan sampai saat ini, belum memberikan konfirmasi kapan akan memenuhi undangan Komnas HAM," ujar anggota Komnas HAM Beka Ulung Hapsara.

Sebelumnya, usai memberikan keterangan, Direktur Program SCM Harsiwi Achmad menyampaikan bahwa otoritas final dalam menentukan jadwal pertandingan Liga 1, yang termasuk di dalamnya pertandingan antara Persebaya dan Arema di Stadion Kanjuruhan, berada di PT LIB.

BACA JUGA:Dua Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan Harus Diautopsi, Ternyata Ini Penyebabnya

"Pertandingan itu otoritas final itu ada di LIB karena apa, karena LIB adalah sebagai operator Liga 1, satu-satunya operator Liga 1 di Indonesia," kata Harsiwi di Kantor Komnas HAM.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: