TikTok Hadirkan Digital Wellness Hub, Ajak Masyarkat Melek Kesehatan Mental

TikTok Hadirkan Digital Wellness Hub, Ajak Masyarkat Melek Kesehatan Mental

TikTok, Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, YouTube, Media Sosial | Image oleh Biljana Jovanovic dari Pixabay --

JAKARTA, FIN.CO.ID - TikTok Indonesia menghadirkan Pusat Kesehatan Digital atau Digital Wellness Hub.

Digital Wellness Hub dari TikTok ini adalah wadah untuk memberikan informasi dan bantuan dari SDM profesional kepada komunitas, tentang apa kesehatan mental itu.

"Komitmen TikTok adalah untuk menjadikan isu kesehatan mental sebagai prioritas bagi kami. Oleh karena itu, dalam rangka hari kesehatan mental dunia tahun ini TikTok mengajak masyarakat tentang literasi kesehatan mental," kata Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia Faris Mufid dalam webinar peluncuran Pusat Kesehatan Digital TikTok, Rabu (12/10).

BACA JUGA:TikTok Larang Postingan Politik Berbayar, Ini akibatnya jika Melanggar Ketentuan

"(Selain itu, tujuannya untuk) membantu orang yang mengalami gangguan kesehatan mental, untuk bisa dilihat dan dipahami melalui diskusi berarti mengenai kesehatan mental,"

Dalam membentuk Pusat Kesehatan Digital ini, TikTok tidaklah main-main, karena dibentuk berdasarkan survei yang dilakukan TikTok bersama YouGov.

Isi survei itu disampaikan pada sebuah laporan bertajuk "Global Consumer Attitude on Mental Well Being".

Dan dalam proses itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang terlibat dalam survei yang diikuti 16 ribu responden dari 13 negara itu.

Menariknya dari survei tersebut, 77 persen komunitas TikTok di Tanah Air sudah nyaman membicarakan topik kesehatan mental.

Keluarga, teman dekat hingga tenaga profesional adalah media yang digunakan orang untuk membicarakan masalah kesehatan mental ini.

Meski begitu, masih juga ditemukan responden yang takut terjadi dampak negatif ketika kondisi kesehatan mental mereka.

Mendapatkan penolakan serta penghakiman di lingkungan pertemanan atau pekerjaan, menjadi alasan mengapa topik ini engga dibahas sebagain orang.

Masih dalam momen peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia, TikTok Indonesia pun melengkapi kehadiran Pusat Kesehatan Digital dengan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Misalnya seperti kampanye #SeeingTheUnseen yang akan berlangsung pada 16 Oktober 2022 di Mahabarata Hall, Desa Wisata TMII menampilkan karya visual berupa batik yang berasal dari gelombang otak para penyintas kesehatan mental.

Ada juga tantangan bernama #KesehatanMental yang bisa diikuti oleh komunitas TikTok berbagi serta menceritakan pengalaman mereka mengenal topik kesehatan mental lewat konten selama periode 10-16 Oktober 2022.

Terakhir akan ada kegiatan berupa talkshow maupun TikTok Live yang bisa diikuti pengguna selama 10-14 Oktober 2022.

TikTok Belum Lama Luncurkan TikTok Now

Platform raksasa berbagi video, TikTok resmi luncurkan aplikasi baru di Indonesia.

Aplikasi baru TikTok ini bernama TikTok Now. TikTok Now ini memiliki fitur hiburan sekaligus menjadi platform yang menghubungkan komunitas satu dan lainnya di TikTok.

"TikTok Now menghadirkan sisi autentik TikTok menjadi pengalaman kratif baru yang menghubungkan komunitas," kata TikTok dalam sebuah keterangan persnya.

Melalui TikTok Now, para pengguna akan diminta untuk merekam video berdurasi 10 detik atau permintaan meng-upload foto.

Gak cuma itu, pengguna TikTok juga bisa menggunakan kamera depan dan kamera belakang perangkat mereka untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan TikTok Now.

Namun yang berbeda di sini, konten di TikTok Now hanya bisa diambil satu kali dalam sehari. Itu artinya, untuk meng-upload video yang baru, pengguna harus terlebih dahulu menghapus video yang di buat di hari yang sama.

Jika pengguna belum mengunggah satu konten dalam satu hari, maka TikTok Now akan mengirimkan notifikasi peringatan kepada pengguna.

Di laman profil TikTok Now, aplikasi ini memperlihatkan sebuah tabel berbentuk kalender dimana setiap tanggalnya akan menampilkan satu konten yang sudah dibuat di hari itu.

TikTok Now dikabarkan sedang dalam tahap uji coba selama beberapa minggu mendatang.

Di Indonesia TikTok Now dapat diakses dengan mengunduh aplikasi baru TikTok Now. Sementara di wilayah lain, TikTok Now terintegrasi dalam aplikasi in-app TikTok.

TikTok Now memiliki keuntungan lain, jika dilihat dari sisi kreator konten.

Dengan aplikasi baru ini, kreator dapat memegang kendali untuk memutuskan siapa yang dapat melihat atau terlibat dengan konten mereka.

Kreator konten juga dapat memblokir orang tertentu dan memilih komentar mana yang muncul dalam konten yang mereka buat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: