Ingin Punya Mata Sehat sampai Tua? Ini yang Harus Anda Ketahui

Ingin Punya Mata Sehat sampai Tua? Ini yang Harus Anda Ketahui

Mata Sehat sampai Tua, Image oleh Enrique Meseguer dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sejak dahulu kita selalu diajarkan bahwa untuk menjaga kesehatan mata, maka konsumsi makanan kaya akan vitamin A, adalah yang paling dianjurkan.

Padahal menurut ahli, untuk menjaga kesehatan mata, nutrisi lain selain vitamin A adalah banyak sekali jumlahnya. Jadi bagaimana caranya jika ingin punya mata sehat sampai tua?

Selain vitamin A, vitamin E juga bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain mencegah radang, vitamin E melindungi mata dari risiko katarak.

BACA JUGA:Sudah Tau Belum? Ini Efek Kerusakan yang Disebabkan Mata Kering

Vitamin E bisa Anda dapati dari konsumsi sayur dan buah, seperti brokol, kacang tanah dan alpukat.

Selain vitamin A dan E, vitamin C juga tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan mata lantaran kaya akan antioksidan.

BACA JUGA:Sudah Tau Belum? Ini Efek Kerusakan yang Disebabkan Mata Kering

Nutrisi lain yang Anda butuhkan selain tiga vitamin di atas menurut ahli, via Halodoc, adalah seperti lutein, zeaxanthin dan zinc.

Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan lutein, Anda akan terhindar dari salah satu masalah mata, contohnya degenerasi makula, salah satu kondisi penyebab kebutaan.

Sementara itu zeaxanthin berfungsi untuk melindungi jaringan dan lensa mata. Selain menjaga sensitivitas mata terhadap cahaya, zeaxanthin mencegah risiko katarak terbentuk di kemudian hari.

Zinc yang bisa didapat dari konsumsi ikan, daging sapi dan kambing, selain juga kacang-kacangan, memiliki manfaat cegah degenerasi makula, dengan menjaga kesehatan retina mata.

Punya Mata Silinder tapi Gak Mau Pakai Kacamata? Baca Ini

Anda mungkin sering mendengar bahwa pada mereka yang memiliki kondisi mata silinder, sangat dianjurkan untuk menggunakan kacamata silinder.

Pertanyaannya, mengapa penderita mata silinder sangat dianjurkan menggunakan kacamata silinder, dan apa efeknya jika punya mata silinder tapi tidak pakai kacamata?

Sebelum ke situ, pertama-tama Anda harus mengerti dulu tentang apa itu mata silinder.

“Mata silinder atau astigmatisme merupakan gangguan penglihatan, di mana adanya kelainan pada kelengkungan kornea atau lensa mata,” kata dr. Arrum Putri Amalia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“(Mata silinder) dapat menyebabkan pandangan kabur atau menyimpang,” sambung dia.

Dan untuk memperjelas pengelihatan yang disebabkan oleh mata silinder, penggunaan kacamata silinder teramat penting dalam kasus ini.

“Jika tidak menggunakan kacamata, maka berisiko mengalami sakit kepala karena mata lelah akibat penglihatan yang kurang jelas dan juga berisiko terjadinya komplikasi mata malas,” ungkapnya.

Anda salah satunya yang punya mata silinder tapi enggan untuk pakai kacamata? Anda mungkin ingin pikir-pikir lagi setelah ini.

Mencegah Mata Silinder pada Anak

Mata silinder dan minus adalah beberapa yang umum ditemukan pada anak-anak usia sekolah.

Akibatnya penggunaan kacamata sebagai alat bantu menjadi sulit untuk dihindarikan.

Penyebab kerusakan pada mata anak selain karena buruknya gizi, juga dipengaruhi oleh gaya hidup anak-anak jaman sekarang.

Malas makan sayur dan sulit terlepas dari gadget menyebabkan masalah tersendiri pada anak-anak dengan kriteria di atas.

Tidak ingin hal ini juga menimpa anak-anak di rumah, dan jika memang belum, ada beberapa tips untuk orang tua guna mencegah terjadinya kerusakan pada mata anak di usia dini.

Berikut anjuran ahli untuk mencegah kerusakan mata pada anak di usia dini seperti dikutip FIN dari Halodoc:

1.    Rutin mengkonsumsi makanan kaya gizi
2.    Rutin minum air putih
3.    Punya jam yang sehat
4.    Batasi durasi mereka mengakses perangkat elektronik
5.    Ajarkan anak untuk tidak mengucek mata


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: