Miliki Daya Tarik Investasi Besar, Pengamat Dukung Jokowi Pimpin Jajak Pasar IKN

Miliki Daya Tarik Investasi Besar, Pengamat Dukung Jokowi Pimpin Jajak Pasar IKN

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara (dok. Birkompu)--

“Fasilitas yang berlebihan justru membuat masyarakat beranggapan proyek IKN adalah proyek yang tidak menarik bagi investor sehingga harus diberi semua fasilitas yang tidak masuk akal. Seperti hak konsensi ratusan tahun. Itu seharusnya tidak dilakukan,” tuntas Piter

Sebelumnya, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono menyampaikan dalam jajak pasar itu, Jokowi akan berdialog dengan para calon investor yang sudah menyatakan tertarik berinvestasi di IKN.

"Beliau akan berdialog langsung dengan calon-calon investor yang sudah menyatakan diri ingin berpartisipasi melalui letter of interest," ujar Bambang.

Dalam forum jajak pasar itu, Bambang mengatakan telah ditunggu banyak pihak untuk berinvestasi dan ingin mengetahui sejauh mana persiapan pemerintah dalam membangun ibu kota baru.

Forum itu juga akan menunjukkan upaya pemerintah dalam menyiapkan iklim usaha dan investasi di IKN.

Dari investasi yang di tawarkan, Bambang mengatakan banyak investor yang tertarik berinvestasi dengan membangun berbagai fasilitas di IKN Nusantara, seperti sekolah, fasilitas kesehatan, hingga pusat perbelanjaan.

"Itu semua yang akan nanti kita coba untuk membuat satu ekosistem yang lengkap di tahun 2024. Sehingga pada waktu nanti dipindahkan ibu kotanya, ekosistemnya sudah terbentuk," papar Bambang.

Selain melakukan jajak pasar, ada dua hal lagi yang dikerjakan pemerintah untuk menarik minat investor berinvestasi di IKN.

Pertama, pemerintah tengah menyusun peraturan pemerintah yang mengatur adanya insentif bagi pelaku usaha yang ingin berusaha di IKN.

Kedua, pemerintah akan membentuk badan usaha milik otorita yang akan menangani aspek usaha di IKN. Tujuannya dilakukan hal tersebut agar tercipta ekosistem bisnis yang berkelanjutan.

"Dengan harapan agar ini dapat tercipta satu iklim usaha yang sangat baik dan juga keberlanjutannya, sustainability dan investment-nya juga akan kita perhatikan dengan baik kedepannya," tuntas Bambang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: