Warna Lidah Berubah Putih dan Terasa Pahit, Ini Penyebabnya Kata Dokter Marlina

Warna Lidah Berubah Putih dan Terasa Pahit, Ini Penyebabnya Kata Dokter Marlina

Sakit Lidah, Image oleh Klaus Hausmann dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda atau anggota keluarga Anda tengah mengeluhkan lihat yang terasa pahit, selain warnanya yang berubah agak keputihan?

Menurut ahli, lidah yang memutih dan terasa pahit bisa disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan, dan menandakan ada sesuatu yang salah.

“Lidah umumnya berwarna merah mudah dan ditutupi oleh nodul atau bintil kecil yang disebut papila, di mana beberapa kondisi, papila tersebut bisa mengalami pembengkakan dan menyebabkan permukaan lidah berubah menjadi warna putih,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip dari Alodokter.

BACA JUGA:Ada Benjolan Kecil di Bawah Lidah, Penyebabnya Mulai dari yang Ringan hingga Serius

“Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal penyebab seperti leukoplakia, kandidiasis oral, kekurangan cairan, mulut kering dan oral lichen planus,” tambahnya.

Cara mengatasi lidah yang memutih dan terasa pahit kata dr. Riza Marlina, Anda diminta untuk mengkonsumsi delapan gelas air putih per harinya.

“(Jangan lupa untuk) menjaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi 2 kali sehari,” tambahnya lagi.

Untuk lebih lanjut, kunjungan langsung ke dokter sangatlah dianjurkan untuk mendapatkan penanganan yang tepat, terlebih ketika kondisi tidak menunjukan perbaikan.

Penyebab Lidah Sakit padahal Tidak Sariawan

Menurut dr. Amadeo Drian Basfiansa rasa sakit dilidah yang bukan karena sariawan, bisa disebabkan oleh pemicu lain.

“Ada kondisi lain yang juga bisa memicu keluhan tersebut, seperti infeksi jamur, luka akibat makanan yang tajam, radang lidah, iritasi akibat bahan kimia, dan pertumbuhan jaringan abnormal,” kata dr. Amadeo Drian Basfiansa seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Untuk menentukan yang mana penyebabnya, lanjut dr. Amadeo, perlu dilihat secara seksama dan mencari apakah ada gejala lain yang mungkin muncul akibat rasa sakit tersebut.

Dokter perlu mengetahui sudah berapa lama masalah ini dikeluhkan, apakah merupakan kondisi yang kambuhan dan lainnya.
“Apakah ada kemerahan, pembengkakan atau perubahan lainnya (pada lidah),” sambungnya.

Jika keluhan dirasa mengganggu, mereka dengan lidah yang sakit namun tanpa ciri-ciri seperti sariawan, dianjurkan untuk memeriksakan kondisi mereka ke dokter.

Untuk sementara, dr. Amadeo menyarankan untuk tidak sembarangan dalam mengkonsumi makanan, selain juga menghindari rokok jika ternyata merokok.

“Sementara itu tidak perlu cemas berlebihan, jaga kebersihan rongga mulut, jangan konsumsi makanan bertepi tajam, hindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin, hindari merokok, boleh konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas dengan membaca aturan pakai yang tertera, dan segera periksakan diri Anda,” tutup dr. Amadeo.


Sumber: