BMKG Ingatkan Potensi Hujan di Akhir Pekan Ini, Ini Daftar Kotanya

BMKG Ingatkan Potensi Hujan di Akhir Pekan Ini, Ini Daftar Kotanya

Hujan, Ilustrasi oleh Pexels dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat akan potensi hujan lebat di akhir pekan ini.

Menurut sistem peringatan dini cuaca, BMKG, beberapa provinsi di Indonesia berpotensi mengalami hujan, dengan intensitas mulai dari yang sedang hingga lebat.

Malahan beberapa hujan di beberapa wilayah di Indonesia ini juga berpotensi disertai dengan petir dan angin kencang.

BACA JUGA:BMKG Perkirakan Puncak Musim Hujan di Sebagian Wilayah Indonesia Terjadi Pada Desember 2022

Beberapa kota yang dimaksud BMKG di sini adalah seperti Aceh, Bali, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, dan juga Nusa Tenggara Barat.

Daftar ini tidak berhenti di situ, karena beberapa wilayah seperti Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan, juga berpoensi diguyur hujan di akhir pekan ini.

Sementara itu BMKG juga memprakirakan bahwa puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia, akan terjadi  pada akhir tahun 2022 hingga awal 2023.

Itu artinya, masyarakat Indonesia akan lebih sering berurusan dengan hujan antara Desember 2022 hingga Januari 2023.
"Sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami puncak musim hujan di bulan Desember-Januari," ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam sebuah pernyataan.

Dwikorita Karnawati juga mengingatkan bahwa dari total 699 ZOM (zona musim) di Indonesia, sebanyak 175 ZOM (25,03 persen) akan memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2022.

Beberapa kota yang masuk dalam ZOM ini adalah seperti sebagian wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sementara itu 128 ZOM (18,31 persen) akan memasuki musim hujan pada bulan November 2022, yang meliputi beberapa kota seperti Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Saat ini, terdapat 60 ZOM (8,6 persen) yang sudah mengalami musim hujan meliputi Riau bagian selatan, sebagian Sumatera Selatan, Bengkulu bagian selatan, Jawa Barat bagian selatan, Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Tengah bagian timur, Kalimantan Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Utara bagian utara, sebagian Maluku dan sebagian Papua Barat.

"Selain itu, terdapat sebanyak 113 ZOM yang mengalami periode musim hujan sepanjang tahun," tutup Dwikorita Karnawati.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: