Ini Upaya Bea Cukai Pacu UMKM Naik Kelas

Ini Upaya Bea Cukai Pacu UMKM Naik Kelas

Bea Cukai Pacu UMKM Naik Kelas--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional melalui dukungan terhadap UMKM berorientasi ekspor, Bea Cukai terus mempererat sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Dukungan ini diwujudkan Bea Cukai melalui berbagai langkah strategis, seperti pelaksanaan asistensi, diskusi, hingga dukungan business matching dengan calon mitra distribusi produk eskpor di luar negeri.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa Bea Cukai melihat dampak pandemi Covid-19 memang sangat besar terhadap perekonomian, namun UMKM dapat menjadi salah satu sektor penopang, jika UMKM terus dipacu dan didampingi, maka perekonomian secara nasional akan terangkat.

Di Maluku, Bea Cukai Ambon hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Export Coaching Class bertajuk “UMKM Membisa Ekspor” bersama lebih dari 100 pelaku UMKM di wilayah Maluku dan Maluku Utara (28/9).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini, turut dihadiri founder Ekspor.id, Choirul Amin dan perwakilan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Sunu Widi Purwoko.

Selain narasumber, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan instansi dan lembaga terkait seperti perwakilan BI Maluku dan Malut, Dinas pariwisata Maluku, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Seram Bagian Barat, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku, Disperindag Maluku, Perwakilan IPEMI dan APINDO.

Dalam kegiatan ini Bea Cukai Ambon sangat menekankan kepada para pelaku UMKM terkait tatalaksana ekspor. “Jadi harus paham dasar-dasar hukum kepabeanan di bidang ekspor, proses pelayanan kepabeanan ekspor, penyampaian pemberitahuan ekspor barang (PEB), bentuk PEB, pihak-pihak dalam PEB, data pengangkutan, serta hal lain yang dibutuhkan dalam ekspor,” terang Hatta.

Sebelumnya upaya serupa juga dilakukan Kanwil Bea Cukai bersama satuan kerja Kemenkeu One di Maluku. Berkolaborasi dalam event Maluku Manggurebe, Kemenkeu One turut serta dalam kegiatan Ekspor dan Pameran UMKM (9/9).

Dalam kegiatan ini ratusan produk UMKM dihadirkan untuk dipasarkan kepada pengunjung. Kegiatan ini juga dihadiri oleg Pemprov Maluku, BI Maluku, serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Maluku.

“Bea Cukai Maluku selalu bersemangat untuk memperkenalkan produk UMKM, bahkan kami juga memberikan berbagai akses untuk ekspor bagi pelaku UMKM yang memiliki produk yang layak ekspor,” ujar Hatta.

Sementara itu, Kanwil Bea Cukai Bali Nusra bersama Bea Cukai Mataram dan Bea Cukai Sumbawa mengadakan sosialisasi dan forum group discussion (FGD) terkait prosedur ekspor dan dukungan business matching kepada sejumlah pelaku UMKM dan Dinas terkait di wilayah NTP secara daring (26/09).

Hatta menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan agar UMKM dapat terbantu untuk melakukan ekspor perdana, dan untuk UMKM yang sudah melakukan kegiatan ekspor dapat meningkatkan kuantitas dan ekspansi kegiatan ekspornya.

“Berbagai kegitan ini diharapkan dapat memberikan memberikan dorongan kepada pelaku UMKM untuk melakukan ekspor. Selain itu, berbagai solusi yang kami tawarkan dalam asistensi semoga dapat memetakan permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM, sehingga ekspor produk UMKM semakin meningkat dan dapat menopang ekonomi nasional,” pungkas Hatta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: