Penyebab Ibu Hamil Besar Alami Perut Kram, Ini Penjelasan Dokter

Penyebab Ibu Hamil Besar Alami Perut Kram, Ini Penjelasan Dokter

Hamil Besar kram perut, Image Wanita Hamil, Image oleh Boris Gonzalez dari Pixabay --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Salah satu masalah yang dikeluhkan wanita saat sedang hamil adalah perut yang terasa kram.

Pertanyaannya, wajarkah perut kram itu dan apa yang menyebabkannya?

Menurut dr. Riza Marlina ada alasan mengapa orang hamil mengalami kram perut, dan itu salah satu efek dari perubahan ukuran rahim.

“Ukuran rahim yang semakin membesar yang dapat menyebabkan jaringan ikat atau ligamen yang menghubungkan tulang panggul dah rahim meregang, sehingga rahim terasa kencang sehingga terjadinya kram perut,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip dari Alodokter.

Tekanan yang terjadi pada otot akibat ukuran perut yang membesar, dr. Riza Marlina, dapat menyebabkan keluhan yang dimaksud.

Selain itu, perubahan posisi rahim juga disebut dapat menyebabkan perut kram pada ibu hamil.

“Perubahan posisi rahim cenderung miring ke kanan atau ke kiri yang bisa membuat ligamen yang menyokong sisi rahim menjadi kencang, atau mengalami kontraksi sehingga memungkinkan ibu hamil untuk sering merasakan kram di bagian perut,” ungkapnya.

Untuk mengatasi kram perut saat hamil ini, ada beberapa upaya yang bisa dicoba ibu hamil di rumah, terlebih saat kejadian.

Menurut dr. Riza Marlina, duduk atau berbaring, mandi atau berendam air hangat, dapat membantu mengurangi perut kram saat hami.

Senam hamil, yoga dan banyak minum air, adalah tips lain yang harus dicoba ibu hamil untuk mengatasi perut kram.

Penyebab Nyeri Pinggang saat Wanita Hamil Besar

Salah satu keluhan yang sering dihadapi ibu hamil besar adalah rasa nyeri di bagian pinggang.

Dan yang kerap ditanyakan kaum wanita adalah, mengapa hamil besar menyebabkan nyeri pinggang?

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, nyeri pinggang saat hamil besar itu umumnya disebabkan oleh semakin bertambahnya berat badan ibu hamil.

“Beban kehamilan yang semakin besar jelas saja bisa membuat pinggang ibu hamil terasa nyeri,” kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Kondisi ini bisa juga diperberat oleh beragam faktor lain, seperti penuaan, kurang gerak, postur tubuh yang tidak ergonomis kala beraktifitas, kekurangan nutrisi tertentu, hingga suatu penyakit,” tambahnya.

Selain karena gangguan saluran kemih, ganguan saraf, kata dr. Nadia, juga jadi penyebab nyeri pinggang.

Mereka yang mengalami radang sendi, kram otot, gangguan psikis, juga disebut bisa mengeluhkan rasa nyeri di area pinggang.

Gangguan organ reproduksi, endometriosis juga miom lanjut dia lagi, dapat menyebabkan kondisi seperti nyeri punggung.

“Jika nyeri yang Anda alami ringan, cobalah mengatasinya dulu dengan mengompres hangat atau mengoleskan krim pereda nyeri ke pinggang Anda”.

Banyak istirahan, memperbaiki portur tubuh, tidak menggunakan high heels, tidak mengangkat beban berat, dan banyak mengkonsumsi makanan kaya vitamin B, adalah yang dibutuhkan untuk mengatasi nyeri pinggang mengganggu.

“Apabila nyeri tidak membaik juga, periksa langsunglah ke dokter atau dokter kandungan terdekat ya,” tutup dr. Nadia Nurotul Fuadah.

Nyeri Pinggang Lainnya

Anda kerap mengeluhkan rasa sakit yang muncul di bagian kanan tubuh Anda?

Sebut saja nyeri pinggang bagian kanan, juga nyeri lutut yang juga terjadi di bagian kanan tubuh Anda.

Untuk alasan tertentu, Anda juga bukan tipe orang yang rutin mengkonsumsi air putih.

Gampang sekali beser adalah yang juga Anda rasakan. Ini adalah beberapa keluhan yang diadukan seorang penanya di forum Tanya Dokter, di salah satu situs telemedicine terkemuka Tanah Air.

Menurut Dr. Riska Larasati, mereka dengan keluhan di atas mungkin punya masalah dengan salah satu organ tubuhnya, dalam hal ini ginjal.
 
Menurut dr. Riska, nyeri di area pinggang, apalagi jika ditemani dengan rasa tidak nyaman dan mual, juga bisa disebabkan oleh keberadaan batu pada saluran kemih.

Sumber: