Terima Kunjungan Kerja Berbagai Instansi, Bea Cukai Tuai Dukungan dan Apresiasi

Terima Kunjungan Kerja Berbagai Instansi, Bea Cukai Tuai Dukungan dan Apresiasi

Bea Cukai saat Menerima Kunjungan Yassona Laoly--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sebagai instansi pemerintahan yang mengemban fungsi sebagai fasilitator perdagangan dan asisten industri dalam negeri, Bea Cukai terus berupaya menjalin sinergi dengan berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, demi optimalisasi kinerja di bidang pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai.

Atas sinergi yang terjalin, dukungan dan apresiasi pun diterima Bea Cukai, wujudnya mulai dari tawaran kerja sama hingga bantuan operasional.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan dukungan dan apresiasi dari instansi lain mengalir ke unit-unit vertikal Bea Cukai di berbagai daerah.

"Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai kerap menerima kunjungan kerja dari instansi lain. Dalam kunjungan tersebut, bukan hanya apresiasi yang kami terima, tetapi juga dukungan dan bantuan operasional demi meningkatkan pelayanan dan pengawasan Bea Cukai di lapangan," ujarnya.

Hatta menyebutkan pada tanggal 29 September 2022 lalu, Bea Cukai Purwakarta menerima kunjungan PT Patimban International Car Terminal (PICT) yang menghibahkan dua unit CBU Toyota Hilux asal Thailand untuk membantu keperluan operasional petugas Bea Cukai di Pelabuhan Patimban.

"Pelabuhan Patimban merupakan pelabuhan yang baru beroperasi sejak Desember 2020, dengan hibah dua unit kendaraan dari PICT tersebut akan kami gunakan untuk meningkatkan pelayanan dan kegiatan operasional Bea Cukai di pelabuhan itu. Selain itu, kami berharap kerja sama antara Bea Cukai dan PICT akan semakin baik dan kedua pihak dapat berkolaborasi untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN)," ujarnya.

Dukungan serupa diperoleh Bea Cukai Makassar saat menerima kunjungan kerja Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly. Didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Nugroho Wahyu Widodo dan Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, dalam kunjungan tersebut Menkumham menyampaikan dukungan penuh pada langkah-langkah Bea Cukai Makassar dalam mendorong program PEN dan menekankan kepada Bea Cukai untuk memperkuat sinergi serta kolaborasi antarinstansi demi mewujudkan Indonesia Maju.

Tak hanya Bea Cukai Purwakarta dan Bea Cukai Makassar, dua kantor Bea Cukai lainnya juga berkesempatan menerima kunjungan kerja instansi lain dan menjalin kerja sama dalam pelayanan dan pengawasan.

"Di bidang pelayanan, Bea Cukai Banjarmasin menerima kunjungan Kepala Balai Karantina Perikanan (BKIPM) Banjarmasin, Hafit Rahman, S.Pi., M.P dan membahas kendala yang menjadi penghambat para calon eksportir produk hasil perikanan Kalimantan Selatan terutama UMKM untuk melakukan ekspor langsung melalui Banjarmasin. Atas hal tersebut, kedua instansi siap bersinergi untuk peningkatan ekspor terutama ekspor produk hasil perikanan Kalimantan Selatan," sebut Hatta.

Lalu di bidang pengawasan, Hatta mengatakan Kanwil Bea Cukai Khusus Papua menerima kunjungan kerja Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Papua Barat, Zainuri.

"Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kolaborasi pengawasan agar akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah semakin meningkat ke depannya," tambahnya.

Hatta pun menegaskan bahwa Bea Cukai, melalui unit-unit vertikalnya di berbagai daerah, akan terus berupaya memperkuat sinergi dan terbuka dalam menerima kunjungan kerja instansi lainnya demi optimalisasi kinerja pengawasan dan pelayanan.

Sumber: