Indonesia Jadi Negara Pertama di ASEAN Punya Kereta Cepat, Speed-nya 350 km/jam

Indonesia Jadi Negara Pertama di ASEAN Punya Kereta Cepat, Speed-nya 350 km/jam

Ilustrasi Kereta Cepat, Image oleh Nimuskis dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Indonesia menjadi negara pertama di kawasan ASEAN yang memiliki kereta cepat. Kereta cepat yang dimaksud adalah Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Atas pencapaian itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku bangga dibuatnya.

"Suatu kebanggaan bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki dan mengoperasikan kereta cepat di ASEAN," kata Budi Karya di Tegalluar, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (1/10).

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi juga sekaligus mengungkapkan jika KCJB, adalah kereta cepat pertama di ASEAN dengan kecepatan 350 km/jam.

"Jadi kita bayangkan ada suatu kereta cepat dan mampu dengan kecepatan 350 km/jam beroperasi," sambung dia.

Dalam kesempatan di akhir pekan ini, Menhub Budi Karya melakukan peninjauan perkembangan proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Saya tadi ke Padalarang guna memastikan perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dengan waktu yang baik, yakni Jakarta-Padalarang 30 menit dan dari Padalarang ke Bandung 22 menit sehingga totalnya 52 menit," katanya.

Menhub Budi sekaligus menjelaskan bahwa nantinya, KCJB juga akan memiliki waktu antara atau headway 26 menit.

Sebelumnya, rangkaian kereta inspeksi untuk kebutuhan perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), diberangkatkan menuju Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Satu kereta penumpang bertenaga listrik dan satu kereta inspeksi, masing-masing dengan formasi delapan gerbong, telah tiba di Indonesia setelah menempuh perjalanan laut selama 11 hari dari Tiongkok.

Sementara itu menurut GM Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry, persyaratan dan perizinan untuk perjalanan rangkaian kereta inspeksi proyek KCJB ini telah rampung.

Dengan begitu, rangkaian kereta inspeksi proyek KCJB bisa dikirim ke Depo Tegalluar.

Perjalanan menuju Depo Tegalluar sendiri disebut dilakukan pada window hours, dengan tujuan agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

Itu artinya, rangkaian kereta inspeksi proyek KCJB ini dikirimkan pada pukul 22.00 WIB-05.00 WIB.

Rangkaian kereta inspeksi dirangkai ulang setelah seluruh cars atau kereta lengkap, setibanya di lokasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: