Sempat Digadang-gadang Jadi Saingan PlayStation dan Xbox, Google Stadia Resmi Dihentikan

Sempat Digadang-gadang Jadi Saingan PlayStation dan Xbox, Google Stadia Resmi Dihentikan

Stadia, Image Credit: Google--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sah, Google akhirnya hentikan Google Stadia, layanan game streaming miliknya.

Sebelumnya digadang-gadang bakal jadi saingan konsol seperti PlayStation dan Xbox, namun Stadia telah gagal memenuhi ekspektasi Google.

Menurut Google, via TechRadar, per Januari 18 2023, layanan Stadia akan dimatikan.

Untuk saat ini, pengguna stadia masih bisa mengakses game-game yang tersedia di library Stadia.

Ya, dengan begitu, mulai pertengahan Januari 2023 mendatang, pengguna Stadia tidak akan lagi bisa mengakses layanan streaming game berbayar ini.

Meski begitu, pengguna masih akan bisa menggunakan kontroler Stadia untuk memainkan game PC berbasis Windows.

Untungnya, Google disebut menawarkan proses refund seluruh pembelian Stadia, jika orang membelinya langsung lewat Google Store.

Tidak cuma hardware-nya saja, pembelian seluruh game Stadia termasuk add-on yang dibeli melalui Stadia store juga akan mendapatkan refund.

Untuk mencari tau tentang tata cara refund Stadia dan game-nya bisa dilakukan melaui laman help center situs resmi Stadia.

Pengembalian dana kata Google, akan kelar pada pertengahan Januari 2023 mendatang.

Google Sempat Bantah Bakal Tutup Stadia

Google Sempat dilaporkan bakal tutup Stadia. Akibatnya, salah satu pengguna Stadia lalu menggunakan haknya untuk bertanya langsung pada akun Twitter resmi Google.

Ditanya seperti itu, Google pun dengan tegas membantah kabar burung tersebut.

“Stadia tidak akan ditutup. Tenang saja kami masih terus bekerja untuk mendatangkan game-game terbaik ke platform ini dan Stadia Pro,” jawab Google seperti dikutip FIN dari GamesRadar.

So, buat Anda yang sudah terlanjut menggunakan Stadia, atau baru berencana meminangnya, kekhawatiran Anda akan matinya Stadia sepertinya kini jadi tidak beralasan.

Stadia Bisa Diakes dari SmartTV

Samsung hadirkan versi terbaru dari Samsung Gaming Hub, dan bisa diakses langsung dari Smart TV juga monitor keluaran Samsung tahun 2022.

Dengan Samsung Gaming Hub, gamer bisa mengakses layanan cloud gaming langsung dari TV mereka tanpa PC atau konsol.

Ya, dengan Samsung Gaming Hub di smart yang mendukung layanan ini, Anda akan bisa mengakses layanan seperti NVIDIA GeForce NOW, Google Stadia, Xbox Cloud Gaming, Utomik, dan bakal menyusul Amazon Luna.

Lewat Samsung Gaming Hub juga, gamer diberi akses untuk nge-stream Twitch, yang merupakan platform populer para gamer di seluruh jagat.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: