Badan Mendadak Gatal dan Bentol-bentol, Ini Daftar Penyebabnya Menurut Dokter

Badan Mendadak Gatal dan Bentol-bentol, Ini Daftar Penyebabnya Menurut Dokter

badan gatal dan bentol, Image oleh oleh Pana Koutloumpasis dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tanpa sebab yang jelas Anda tiba-tiba mengeluhkan kulit gatal di sekujur tubuh, disertai dengan bentol yang muncul di permukaan kulit.

Pertanyaannya, apa penyebab gatal dan bentol yang terjadi secara dadakan?

Menurut pendapat ahli, badan gatal dan bentol-bentol ini bisa dikaitkan dengan beberapa faktor penyebab, mulai dari alergi, infeksi dan lainnya.

“(Kulit gatal tiba-tiba disertai bentol bisa jadi akibat dari) reaksi alergi, infeksi virus, gigitan serangga hingga paparan udara panas/dingin,” kata dr. Delika Devina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Untuk penangannya, dr. Delika Devina punya tips bagi Anda yang mengeluhkan kulit gatal mendadak disertai bentol.

“Sebagai penanganan awal dirumah, Anda sangat disarankan untuk mencoba mengonsumsi obat CTM dengan dosis sesuai kemasan,” kata dia.

Anda juga diminta untuk memperhatikan hal-hal yang berpotensi jadi penyebabnya, entah itu karena makanan tertentu, paparan debu atau bulu hewan, gigitan serangga dan lainnya.

Dengan begitu lanjut dr. Delika Devina, Anda dapat menghindari kejadian ini kembali terulang di kemudian hari.

“Apabila Anda sudah mencoba mengonsumsi obat dan menghindari hal-hal yang anda rasa memicu keluhan secara rutin minimal 3 hari, tetapi keluhan tidak ada perbaikan atau bahkan semakin bertambah, maka sangat disarankan anda berkonsultasi ulang dengan dokter untuk evaluasi ulang dan penentuan terapi lebih lanjut,” anjur dia.

Penyebab Kulit Gatal yang Bukan karena Masalah Kulit

Di luar dari penyakit kulit, rasa gatal pada kulit juga bisa dipicu oleh beberapa kondisi lain yang tidak terkait kulit.

“Hipertiroid, hipotiroid, polisitemia, anemia, hepatitis, gagal ginjal kronis, primary biliary cirrhosis/peradangan saluran empedu (adalah beberapa di antaranya,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Untuk memastikan penyebabnya, dr. Riza Marlina menyarankan orang dengan keluhan kulit gatal untuk langsung mengunjungi dokter spesialis guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain dikarenakan beberapa faktor di atas, depresi juga disebut sebagai salah satu pemicu keluhan gatal pada kulit.

Sumber: