Dorong Pemulihan Ekonomi, Kementerian BUMN Gelar PaDi UMKM Hybrid Expo 2022

Dorong Pemulihan Ekonomi, Kementerian BUMN Gelar PaDi UMKM Hybrid Expo 2022

--

Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN melaporkan bahwa penyelenggaraan PaDi UMKM Hybrid Expo 2022 bertujuan untuk memberi akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya baik secara offline maupun online.

“Melalui penyelenggaraan PaDi UMKM Expo 2022 ini tentu yang diharapkan tidak hanya terbatas sampai saling mengenal antara UMKM dengan BUMN atau masyarakat, melainkan juga terciptanya transaksi belanja sebagai bentuk konkret mendorong pemulihan ekonomi utamanya pelaku UMKM,” jelas Loto.

Pada pelaksanaan PaDi UMKM Expo batch 1 diikuti oleh 244 UMKM yang menghasilkan nilai transaksi Rp1,66 Miliar, sedangkan pada penyelenggaraan batch 2 diikuti oleh 295 UMKM yang menghasilkan nilai transaksi Rp12,54 Miliar.

BACA JUGA:Negara Hadir, Lebih Dari 5 Ribu Warga Kurang Mampu di Kalbar Kini Nikmati Listrik PLN

Adapun secara keseluruhan, total kontribusi belanja BUMN pada UMKM yang tercatat di PaDi UMKM baik secara tender maupun belanja langsung untuk periode Januari s.d. Agustus 2022 mencapai Rp24,5 triliun dari 94 BUMN dan perusahaan anak.

Tidak hanya memberi akses pasar bagi UMKM, kegiatan PaDi UMKM Expo juga berupaya memberikan edukasi kepada UMKM mengenai berbagai hal terkait pengembangan UMKM seperti perizinan berusaha, sertifikasi, digitalisasi, ekstensifikasi pasar, perencanaan keuangan, dan sebagainya yang mengundang narasumber dari berbagai Kementerian/ Lembaga dan BUMN.

Selanjutnya Direktur Manajemen Pembangkitan PLN, Adi Lumakso menyampaikan bahwa kehadiran PLN yang mendukung penuh penyelenggaraan PaDi UMKM Expo 2022 ini merupakan wujud nyata peran BUMN sebagai agent of development.

“Bapak Menteri BUMN telah memberikan arahan yang jelas, bahwa BUMN harus menjadi lokomotif perekonomian nasional. Bahwa BUMN dan masyarakat harus menyatu dan berkolaborasi untuk membangun ekosistem ekonomi dalam negeri yang kokoh,” ujar Adi.

BACA JUGA:PLN Batalkan Program Kompor Listrik

Acara opening ceremony PaDi UMKM Hybrid Expo 2022 ini juga dilengkapi dengan special performance dari penyanyi cilik yang sedang viral yaitu Farel Prayoga, sekaligus sebagai upaya meningkatkan awareness platform PaDi UMKM kepada masyarakat luas. Karena sejatinya PaDi UMKM juga dapat ditransaksikan oleh masyarakat umum (buyer retail) dengan melakukan register dan login ke www.padiumkm.id.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: