Bill Gates Support Transformasi Kesehatan Digital di Indonesia

Bill Gates Support Transformasi Kesehatan Digital di Indonesia

Bill Gates, Image Source: @thisisbillgates/Instagram--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menkes RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa program transformasi kesehatan berbasis di digital Indonesia, mendapatkan support dari Bill Gates.

Hal itu disampaikan Budi Gunadi sadikin dalam sebuah keterangan tertulis.

"Dukungan yang ada, termasuk penguatan layanan primer berbasis pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi kesehatan terkini," kata Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan itu.

Support mantan orang terkaya nomor satu dunia itu, diungkap Budi Gunadi Sadikin dalam agenda Bilateral Meeting rangkaian The 77th session of the UN General Assembly (UNGA 77) dan Global Fund Replenishment Conference di New York, Amerika Serikat, yang berlangsung hampir sepekan lalu.

Dalam keterangannya tersebut, Menkes Budi memaparkan beberapa pilar transformasi kesehatan yang dimaksud, dalam upaya Pemerintah Indonesia meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Beberapa yang di maksud adalah seperti transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan rumah sakit, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan transformasi teknologi Kesehatan yang terkait teknologi informasi dan bioteknologi.

Dalam transformasi teknologi informasi, kata Budi, aksi nyata yang saat ini dilakukan adalah pengembangan aplikasi PeduliLindungi menjadi citizen health app, dan kini sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna.

Untuk sekarang ini PeduliLindungi telah jejali dengan fitur terbaru, di antaranya riwayat kesehatan sesuai dengan persetujuan medis, termasuk riwayat vaksin dalam maupun luar negeri, untuk mempermudah penggunaan bagi warga negara asing.

Pengembangan yang lain adalah penyiapan PeduliLindungi dalam 13 bahasa, dalam upaya meningkatkan standar pelayanan kesehatan. Pengembangan PeduliLindungi dalam 13 bahasa tersebut diuji cobakan dalam pertemuan puncak KTT G20 di Bali pada pertengahan September lalu.

“Ke depan PeduliLindungi juga akan terintegrasi dengan platform SATUSEHAT yang bersifat personal,” katanya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: