Polantas Jadi Sorotan Masyarakat, Istilah 'Jebakan Batman' Harus Dihilangkan

Polantas Jadi Sorotan Masyarakat, Istilah 'Jebakan Batman' Harus Dihilangkan

ilustrasi polisi-dok-net

JAKARTA, FIN.CO.ID - Perintah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar para Kapolda menertibkan pelayanan Polantas untuk memperbaiki citra institusi kepolisian di tengah masyarakat tindakan sangat tepat.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengatakan, Polisi Lalu Lintas (Polantas) merupakan baromater pelayanan Polri.

BACA JUGA:Pakaian Dinas Polisi Lalu Lintas dan Kendaraan Dinasnya Resmi Berubah

"Berdasarkan pengamatan kami selama ini, Polantas paling banyak disorot oleh masyarakat. Kinerja Polantas adalah barometer pelayanan Polri," kata Edi dikutip Minggu 25 September 2022.

Menurut pemerhati Kepolisian ini, untuk meningkatkan citra, Polri harus memberikan pelayanan yang semakin baik.

"Inovasi tilang elektronik dan layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) 'online' sudah sangat baik. Namun pada sisi lainnya dibutuhkan berbagai inovasi baru pelayanan," katanya.

Edi Hasibuan minta seluruh jajaran Polantas terus berbenah dengan membuat berbagai inovasi dalam mempercepat pelayanan yang transparan dan akuntabel di tengah masyarakat.

BACA JUGA:Pukul Warga, Polantas di Deli Serdang Langsung Dinonaktifkan

Selain itu, dosen di Universitas Bhayangkara Jakarta ini meminta seluruh jajaran Polantas agar tidak mengedepankan penegakan hukum di jalan raya.

Tapi memperbanyak edukasi dan penyuluhan berlalu lintas kepada pengguna jalan.

"Istilah 'jebakan batman' terhadap pengguna jalan harus dihilangkan," katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Syahardiantono untuk menindak jajaran Polantas yang menyimpang dan melanggar saat mengatur lalu lintas.

BACA JUGA:Habis Diperiksa Provost Polres, Polantas Gantung Diri

Dia mengatakan, tindakan tegas perlu dilakukan terhadap anggota yang melanggar agar tidak merusak citra Polri dan polisi sudah bekerja baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: