Cuaca Buruk di Sirkuit Motegi Jepang, Penyelenggara MotoGP Panggil Mbak Rara Pawang Hujan?

Cuaca Buruk di Sirkuit Motegi Jepang, Penyelenggara MotoGP Panggil Mbak Rara Pawang Hujan?

Aksi Mbak Rara mengendalikan cuaca saat event MotoGP Mandalika 2022. Tampak Mbak Rara memegang singing bowl sambil membaca doa-doa yang konon aksi tersebut berhasil membuat hujan berhenti-@MotoGP-Instagram

JAKARTA, FIN.CO.ID -- MotoGP Jepang 2022 akan digelar di sirkuit Motegi pada siang ini, Minggu 25 September 2022, pukul 13.00 WIB. 

Gelaran MotoGP Jepang 2022 itu akan disiarkan secara langsung di Trans7, dimana pebalap Repsol Honda, Marc Marquez yang sempat menepi akibat operasi lengan, akan memulai balapan dari pole position di sirkuit Motegi Jepang siang nanti. 

BACA JUGA:Jadwal MotoGP Jepang 2022: Balapan di Sirkuit Motegi Dimulai Pukul 13.00 WIB

BACA JUGA:Hasil Lengkap FP II MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi: Marquez Tercepat

Meski demikian, Sirkuit Motegi Jepang ternyata tengah dilanda cuaca buruk, hingga pada sesi Free Practise II (FP II) kemarin, para pebalap terpaksa harus melakoni balapan dengan kondisi sirkuit basah. 

Bahkan FP III terpaksa dibatalkan dan babak kualifikasi sempat molor akibat hujan deras disertai petir yang melanda Sirkuit Motegi Jepang. 

Kondisi ini hampir sama dengan situasi saat gelaran MotoGP Mandalika 2022, beberapa bulan lalu. Bahkan, Mbak Rara pawang hujan sampai harus beraksi untuk menghentikan hujan, hingga foto dan videonya viral di jagad maya. 

Penyelenggara MotoGP mungkin belum bisa move on dari penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, yang menampilkan kearifan lokal yakni Mbak Rara pawang hujan yang diikutsertakan untuk "menaklukkan" hujan yang bisa mengganggu jalannya balapan ketika itu. 

BACA JUGA:Mengejutkan! Marc Marquez Raih Pole Position MotoGP Jepang 2022

BACA JUGA:Dari Kalimantan, Mba Rara Bantu MotoGP Jepang 2022 yang Sedang Dilanda Hujan: Cerah Yah

Hal ini bisa dilihat dari postingan di akun twitter resmi MotoGP. Akun Twitter yang sudah bercentang biru itu memposting foto Mbak Rara pawang hujan, dan berharap ia dapat membantu penyelenggaraan MotoGP Jepang 2022. 

"Calling Rara in 3,2,1...," tulis di akun @MotoGP, dilihat FIN.CO.ID, Minggu 25 September 2022. 

Ya, meski sempat menimbulkan kontroversi, namun aksi Mbak Rara pawang hujan memang terus dikenang oleh para pihak yang terlibat di gelaran MotoGP. 

Meski tidak bisa dipastikan, berhentinya hujan ketika itu akibat aksi Mbak Rara pawang hujan atau tidak, namun setidaknya kearifan lokal itu terus dikenang sebagai sesuatu yang unik dan menarik dari setiap penyelenggaraan event MotoGP. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: