Apakah Penderita Gagal Ginjal Kronis Bisa Sembuh?

Apakah Penderita Gagal Ginjal Kronis Bisa Sembuh?

Gagal Ginjal Kronis, Image Credit: Wikimedia--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ada sebuah pertanyaan yang sampaikan seorang penanya di forum Tanya Dokter. Pertanyaan itu adalah apakah penderita gagal ginjal kronis bisa sembuh?

Jawabnya menurut ahli tentu saja tidak. Mengapa demikian? Ini penjelasan dr. Tirtawati Wijaya, SE.

“Karena ginjal tergolong organ yang tidak meregenerasi diri, kerusakan ginjal umumnya tidak dapat diperbaiki,” kata dr. Tirtawati Wijaya, SE, seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Namun bila penyakit ginjal dideteksi di stadium awal, umumnya dapat dilakukan penanganan dini sehingga kerusakan ginjal lebih lanjut dapat dicegah dan fungsinya yang masih tersisa bisa dipertahankan tanpa mengganggu kualitas hidup penderita,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, dr. Tirtawati juga menjelaskan soal tindakan cuci darah atau dialisis, dan bahwa mereka yang gagal ginjal akut, hanya perlu melakukan proses ini untuk sementara waktu.

Meski begitu, ada juga yang diwajibkan untuk mencuci darah mereka seumur hidup.

“Pada gagal ginjal akut, ginjal mengalami gangguan fungsi sementara waktu, namun belum mengalami kerusakan. Cuci darah tetap harus dilakukan untuk mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh”.

“Bila tidak dilakukan dialisis, zat racun ini dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, bahkan kematian. Setelah penyebab gagal ginjal akut teratasi, dan ginjal dapat kembali menjalankan fungsinya, maka dialisis dapat dihentikan”.

Itu jika bicara gagal ginjal akut. Pada kasus gagal ginjal kronis, lanjut dia, kerusakan ginjal sudah masuk pada level para dan nyaris tidak lagi berfungsi.

Tindakan cuci darah ini bagi penderita gagal ginjal kronis adalah untuk menyambung nyawa, dan bahwa tanpa cuci darah, penderita gagal ginjal berpotensi kehilangan nyawa mereka dalam waktu satu tahun (tergantung tingkat keparahan kondisinya).

“Sebaliknya, bila melakukan dialisis secara rutin dan tepat waktu, pasien dapat hidup sebagaimana layaknya orang yang masih berfungsi ginjalnya. Pasien dengan gagal ginjal kronis dapat menghentikan dialisis bila berhasil mendapatkan ginjal dari donor.
Jadi kesimpulannya, mereka yang sudah memasuki tahap gagal ginjal kronis adalah mereka dengan kondisi yang tidak bisa disembuhkan, akan tetapi bisa dibantu dengan dialisis atau cuci darah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: