NASA Berpotensi Tunda Peluncuran Artemis I, Ini Penyebabnya

NASA Berpotensi Tunda Peluncuran Artemis I, Ini Penyebabnya

Artemis I, Image Source: NASA--

JAKARTA, FIN.CO.ID - NASA akan memasuki babak baru tantangan misi luar angkasa di masa yang akan datang. Hal itu ada hubungannya dengan potensi penundaan Artemis I yang direncanakan menuju Bulan.

Menurut The Verge, via ANTARA, alasan di balik potensi penundaan peluncuran Artemis I ini ada disebabkan oleh masalah cuaca berupa badai. Badai ini dikenal dengan nama Tropical Deppresion Nine.

Menurut laporannya, Tropical Deppresion Nine ini mulai berkembang di kawasan Karibia, dan berpotensi menjadi badai besar dengan salah satu lintasannya adalah daerah Florida yang menjadi pusat luar angkasa Kennedy tempat peluncuran Artemis I seharusnya berlangsung.

Dalam prakiraan cuaca setempat, hanya ada kemungkinan kecil yaitu 20 persen untuk Artemis I bisa meluncur terhindar dari badai tersebut.

Sisanya kemungkinan besar cuaca tidak akan bersahabat dan mungkin saja proyek peluncuran Artemis akan ditunda hingga cuacanya kembali membaik.

Tentunya masalah cuaca itu diharapkan bisa diatasi agar misi Artemis I bisa selesai lebih cepat.

NASA sebenarnya sudah menyiapkan jadwal cadangan untuk Artemis I dapat meluncur jika pada 27 September peluncuran gagal dilakukan, yaitu di tanggal 2 Oktober 2022.

Sebelumnya diberitakan bahwa peluncuran Artemis I jika berjalan sesuai rencana akan berdempetan dengan kegiatan NASA lainnya di tanggal 26 September dengan misi DART (Double Asteroid Redirect) dan misi NASA serta kru SpaceX ke Stasiun Internasional Luar Angkasa di 3 Oktober 2022.

Yang Perlu Diketahui soal Artemis I

Roket ini punya panjang sekitar nyaris 100 meter, dan akan diluncurkan Kennedy Space Center di Florida.

Sebelumnya dilaporkan AFP, acara peluncuran Artemis I ini tadinya akan disaksikan ratusan ribu orang di sepanjang pantai Florida.

Termasuk di antaranya yang menyaksikan peluncuran roket ini adalah Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.

Menurut informasinya, hotel-hotel yang berlokasi Cape Canaveral sudah terisi penuh. Sekitar 100 hingga 200 ribu orang diprediksi bakal hadir dalam peluncuran ini.

Entah bagaimana kondisinya setelah mundurnya rencana peluncuran ini.
Tujuan peluncuran Artemis I ini sendiri adalah untuk menguji SLS yang mendorong kapsul awak Orion.

Kapsul itu akan mengelilingi Bulan untuk mengetahui keamanannya bagi manusia dalam waktu dekat.

Nantinya setelah itu, NASA akan mendaratkan astronot perempuan dan astronot kulit berwarna berjalan di bulan untuk pertama kalinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: