Apa Penderita Kolesterol Tinggi Boleh Makan Putih Telur?

Apa Penderita Kolesterol Tinggi Boleh Makan Putih Telur?

Telur, Image--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Telur sering kali dikaitkan dengan masalah kolesterol. Mereka yang punya kolesterol tinggi diminta untuk membatasi konsumsi telur.

Sebagian orang lalu bertanya apakah putih telur aman dikonsumsi, meski punya masalah kolesterol tinggi?

Jawabnya menurut ahli tentu saja iya, karena kolesterol pada telur ini berada pada kuning telur dan bukan putihnya.

(BACA JUGA:Apa Benar Kaki Bengkak Anda Itu karena Kolesterol Tinggi? Ini Kata Dokter)

“Telur merupakan makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi dan mudah diperoleh. Khususnya pada putih telur, mengandung sekitar 90% air dan 10% protein disertai dengan sejumlah kecil vitamin dan mineral”.

“Putih telur memiliki kalori dan lemak dibandingkan dengan kuning telur. Pada kuning telur sendiri mengandung kolesterol tinggi dan lemak,” jelas dr. Riska Larasati seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Jadi intinya, jika Anda memang begitu suka telur, namun takut akan kandungan kolesterolnya, Anda bisa memakan hanya bagian putihnya saja.

Bagian putih telur ini sendiri bukan tanpa manfaat. Selain bagus untuk membantu menurunkan berat badan, putih telur juga menyehatjan jantung, dan bagus untuk menambah massa otot.

Kenapa Harus Hati-hati makan Telur jika Punya Kolesterol Tinggi

Namun jika memang ingin makan telur, ada tipsnya. menurut Francisco Lopez-Jemenz, MD, hal itu dapat diakali dengan tidak mengkonsumsi bagian kuning telur.

Sementara ahli lainnya menyarankan boleh makan kuningnya, namun tidak melebihi jumlah yang dianjurkan.

Seperti dilansir Mayo Clinic, konsumsi kolesterol harian yang dianjurukan adalah 300 miligram per harinya.

Sedangkan pada satu telur ayam berukuran besar, setidaknya ditemukan 186 mg kolesterol, hanya pada bagian kuning telurnya saja.

Jadi, jika memang ingin makan telur ayam, mereka yang punya masalah kolesterol tinggi, sangat dianjurkan untuk menghitung asupan kolesterol harian mereka.

Efek Terlalu Banyak Makan Telur

Tidak ingin sesuatu buruk terjadi pada Anda akibat kecintaan Anda makan telur ayam, berikut risiko yang disebabkan makan telur berlebihan selain lonjakan kolesterol, seperti dilansir VOI.

Penyakit kardiovaskuler dan diabetes

Selain menyebabkan masalah jantung, khususnya pada mereka yang gemar makan telur banyak, katakan empat butir sehari, adalah mereka yang paling berpotensi kena diabetes di kemudian hari.

Bisul dan jerawat

Ketika hormon progesteron meningkat, akibat konsumsi orang akan telur ayam, hal ini akan menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat dan bisul. Sebab itu, penting untuk memberi jeda makan telur, dari hari satu ke lainnya.

Sumber: