Duet Dua Juara Dunia Marc Marquez dan Joan Mir Bakal Bawa Tim Repsol Honda Sukses Tahun Depan?

Duet Dua Juara Dunia Marc Marquez dan Joan Mir Bakal Bawa Tim Repsol Honda Sukses Tahun Depan?

Ilustrasi - Tim Repsol Honda (Twitter @HRC_MotoGP)--

(BACA JUGA:Usai Kecelakaan di GP Aragon, Quartararo Alih Profesi Jadi Penyanyi?)

(BACA JUGA:Marc Marquez Panen Hujatan Usai Insiden Dengan Quartararo dan Takaaki Nakagami, Sang Adik Beri Pembelaan)

Kedatangan Joan Mir dan Lorenzo berbeda. Lorenzo datang ke Honda di usia 31 tahun, setelah 11 tahun mengendarai motor pabrikan lain (Yamaha dan Ducati) di kelas MotoGP. Ia juga lebih senior dari Marquez yang baru 26 tahun saat itu.

Sementara Joan Mir baru akan berusia 25 tahun musim depan, dan dari segi usia masih rentang waktu yang lebih panjang ketimbang Marquez yang akan berusia 30 tahun pada Februari mendatang.

Dengan kondisi itu, Mir berpeluang menjadi pebalap masa depan Honda meski untuk awalnya dikontrak dua tahun lebih dulu. Ia juga baru juara dunia satu kali, sehingga ambisinya untuk menambah koleksi titel diyakini masih besar.

Selain itu, Lorenzo datang ke Honda dengan situasi tak lagi fit 100 persen. Patah tulang metatarsal kaki kanan yang ia alami di MotoGP Aragon 2018 menjadi awal dari serangkaian masalah fisik yang menerpa Lorenzo setelahnya.

(BACA JUGA:Usai Gagal Balapan di Aragon, Fabio Quartararo Akan Bertarung Untuk Menang di MotoGP Jepang)

(BACA JUGA:Klasemen MotoGP 2022 Usai GP Aragon: Fabio Quartararo Masih di Puncak, Bagnaia Kian Merapat)

Akibat fisik yang tak optimal, ia kesulitan beradaptasi dengan motor baru. Cedera tulang belakang yang dialaminya dalam MotoGP Belanda 2019 justru semakin memperparah situasi.

Sementara itu, Joan Mir sejauh ini masih memiliki fisik yang fit. Selama tujuh tahun terakhir, ia baru sekali absen panjang, yakni pada MotoGP 2019. Saat itu, ia melewatkan dua balapan karena mengalami memar paru-paru.

Oleh karena itu, Joan Mir diprediksi bisa memiliki nasib berbeda dengan Lorenzo. Jika ia bisa segera nyetel dengan motor Honda, maka peluang untuk tampil bagus pun terbuka. Honda juga bisa meraih keuntungan karena tak lagi bergantung pada Marquez.

Akankah duet Marc Marquez dan Joan Mir akan lebih indah ketimbang duet Marc Marquez dengan Lorenzo atau Pol Espargaro? Apapun itu, jawabannya baru bisa kita lihat musim 2023 mendatang. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: