Cristiano Ronaldo Ternyata Sempat Kapok Diundang ke Ballon d'Or, Penyebabnya Adalah Lionel Messi

Cristiano Ronaldo Ternyata Sempat Kapok Diundang ke Ballon d'Or, Penyebabnya Adalah Lionel Messi

Musim terburuk Cristiano Ronaldo, Image Credit: @manchesterunited/Instagram--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pada tahun 2008 silam, Cristiano Ronaldo berhasil meraih gelar pemain terbaik dunia, setelah mengangkat trofi Ballon d’Or 2008.

“Ballon d’Or adalah penghargaan terbaik bagi pesepak bola manapun, berarti itu artinya kitalah (pemenang) adalah yang terbaik saat itu,” kata Cristiano Ronaldo seperti dikutip FIN dari documenter berjudul "Ronaldo”.

Akan tetapi setelah itu, antara 2009-2012, Lionel Messi mengejutkan dunia, termasuk Ronaldo, ketika rival abadinya itu memenangkan Ballon d’Or empat kali secara berturut-turut.

Melihat fakta itu, Cristiano Ronaldo mengaku sempat kapok diundang ke Ballon d'Or yang digelar secara tahunan itu.

(BACA JUGA:Usai Terima Penghargaan Quinas de Ouro, Cristiano Ronaldo Bilang Belum Mau Pensiun)

“Melihat Messi menang empat kali berturut-turut sangat berat bagiku,” kata Ronaldo pada documenter yang tayang di Netflix itu.

“Setelah dia menang untuk yang kedua atau ketiga kalinya, saya bilang (pada diri sendiri) untuk tidak kembali lagi (ke ajang ini),” ungkap Cristiano Ronaldo.

Akan tetapi sejak itu, Ia berjanji jika ia harus memenangkan kembali Ballon d’Or dan membuktikan pada dunia, termasuk dirinya sendiri.

Baru di tahun 2013, kala itu dirinya di Real Madrid, sudah mencetak 66 gol dari 56 laga dalam semusim, Cristiano Ronaldo diunggulkan untuk mengangkat kembali Ballon d’Or.

Ronaldo bahkan kembali mengangkat Ballon d’Or di tahun berikutnya, sebelum direbut kembali Lionel Messi pada 20014 dan 2015.

Dua tahun berselang Ronaldo kembali mengangkat trofi paling bergengsi itu untuk dua kali berturut-turut.

Dan secara total Lionel Messi yang kembali menang dua kali lagi, pada 2019 dan 2021, punya lebih banyak trofi Ballon d’Or dari pemain asal Portugal itu.

Jika Ronaldo punya lima, Lionel unggul satu trofi lebih banyak dengan torehan enam Ballon d’Or.

Di luar dari siapa yang punya lebih banyak Ballon d’Or, mungkin bisa dibilang Lionel Messi adalah salah satu faktor mengapa Ronaldo kala itu, mampu memaksimalkan potensinya untuk kembali menjadi yang terbaik dalam beberapa kesempatan.

Dan bahwa keduanya akan dikenang dalam waktu lama sebagai rival terbesar dalam sejarah sepak bola.

Sumber: