Bahaya Makan Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat, dari yang Ringan hingga Mengancam Nyawa

Bahaya Makan Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat, dari yang Ringan hingga Mengancam Nyawa

Lalat, Image oleh Myriams-Fotos dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pada beberapa kasus, tidak sedikit orang ragu untuk memakan makanan yang sudah dihinggapi oleh lalat, padahal ada risiko yang disebabkannya.

Menurut ahli, via Halodoc, makan makanan yang ada yang dihinggapi lalat, berpotensi juga melan larva atau telur lalat yang menempel pada makanan.

Efek makan makanan yang ada telur atau larva lalat ini, akan dirasakan orang terlebih jika sistem kekebalan tubuh mereka sedang menurun.

Ketika hal itu terjadi, makan makanan yang sudah dilalerin, istilah slang-nya, akan menyebabkan kondisi seperti keracunan bakteri.

Perlu diketahui, pada lalat rumahan betina, mereka mampu mengeluarkan sekitar 130 telur dalam suatu waktu.

Masing-masing telur ini nantinya akan berkembang menjadi larva tunggal.

Seekor lalat rumahan betina dewasa dapat mengeluarkan hingga 130 telur pada suatu waktu. Masing-masingnya akan berkembang menjadi larva tunggal.

Akibatnya selain keracunan bakteri, orang yang makan makanan yang sudah dilalerin dan menelan telur atau larva lalat, akan menunjukan gejala seperti kram perut, mual dan muntah, diare hingga demam.

Efek makan makanan yang terdapat telur atau larva lalat di dalamnya, umumnya akan terasa 12 hingga 72 jam setelahnya, dan penyakitnya sendiri akan berlangsung antara 4 hingga 7 hari.

Meski pada akhirnya bisa sembuh sendiri, akan tetapi infeksi salmonella yang dibawa oleh lalat ini, dapat menyebabkan dehidrasi berat, dan terbilang berbahaya.

Jika terpapar E. coli dari paparan lalat, maka mereka yang makan makanan yang dihinggapi lalat, akan merasakan gejala seperti diare (bisa berdarah), muntah, demam ringan dan kram perut seperti disebut di awal.

Kondisi ini disebut relatif ringan namun bisa berpotensi memburuk dan mengancam jiwa.

Selain itu, makan makanan yang dinggapi lalat dapat memicu kondisi seperti myiasis usus.

Orang umumnya baru akan menyadari ada yang salah dengan tubuh mereka, ketika mendapati ada larva pada feses mereka.

Anus yang terasa gatal dan terjadi pendarah pada rektum adalah ciri dari myiasis usus.

Sumber: