Protes Kewajiban Berhijab, Wanita-Wanita Iran Keluar Rumah dan Bakar Jilbab

Protes Kewajiban Berhijab, Wanita-Wanita Iran Keluar Rumah dan Bakar Jilbab

Seorang wanita membakar jilbabnya selama protes di Teheran. (BBC/Twitter)--

Polisi telah membantah bahwa dia dianiaya dan mengatakan dia menderita "gagal jantung mendadak". Sementara keluarga Amini mengatakan dia bugar dan sehat.

Seorang pembantu Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengunjungi keluarga Amini pada hari Senin lalu dan mengatakan kepada mereka bahwa "semua lembaga akan mengambil tindakan untuk membela hak-hak yang dilanggar".

Anggota parlemen senior Jalal Rashidi Koochi secara terbuka mengkritik polisi moral, mengatakan pasukan itu adalah "kesalahan" karena hanya menghasilkan "kerugian dan kerusakan" bagi Iran.

Wajib Jilbab Bagi Wanita Iran.

Setelah Revolusi Islam 1979, pihak berwenang di Iran memberlakukan aturan berpakaian wajib yang mengharuskan semua wanita mengenakan jilbab dan pakaian longgar untuk menyamarkan sosok mereka di depan umum.

Polisi moralitas - yang secara resmi dikenal sebagai "Gasht-e Irsyad" (Patroli Pembimbing) - ditugaskan, antara lain, untuk memastikan wanita menyesuaikan diri dengan interpretasi pihak berwenang tentang pakaian "yang pantas". 

Petugas memiliki kekuasaan untuk mengingatkan dan menghukum wanita yang tidak menegenakan jilbab atau jilbab yang pendek hingga terlihat rambutnya. 

Wanit Iran dilarang menggunakan celana panjang ketat. Make-up yang tebal dan lainnya yang memperlihatkan aurat. Mereka akan dicambuk atau penjara jika melanggar aturan tersebut.

Pada tahun 2014, wanita Iran mulai berbagi foto dan video tentang diri mereka sendiri yang secara terbuka mencemooh undang-undang jilbab tersebut. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: