BRI Ventures Berikan Harapan di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

BRI Ventures Berikan Harapan di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

--

Summary:

  • OJK menyatakan BRI Ventures mempelopori Dana Ventura berbasis di Indonesia dan 90% Dana Ventura di Indonesia dikelola oleh Dana Ventura Sembrani Nusantara
  • Dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai kalangan dan diisi oleh pakar industri, perwakilan BRI Group dan regulator
  • Mengumumkan kabar bahwa BRI Ventures akan segera meluncurkan beberapa Dana Kelolaan baru dalam waktu dekat ini

JAKARTA, FIN.CO.ID -- BRI Ventures kembali menyelenggarakan BVI Summit di tahun 2022 yang dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari Investor Lokal, Global, Startup founder, praktisi Pasar Modal, Perwakilan BUMN, BRI group serta regulator dan asosiasi.

Secara garis besar, BVISummit ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan update terkini terkait Kondisi pasar saat ini, baik secara macro perspective maupun investment landscape.

(BACA JUGA:Punya Fitur Lengkap, Nilai Transaksi BRImo Tembus Rp1.567 Triliun)

Pada acara ini juga, BRI Ventures resmi memperkenalkan beberapa dana kelolaan terbarunya yang sudah launching dan akan launching pada tahun ini dan mendatang.

Summit ini diisi dengan pemaparan dari para expert di bidang venture capital, Pihak regulator dan pengamat ekonomi serta membahas mengenai potensi market Indonesia dalam menghadapi persaingan di tengah kemajuan industri venture capital dan startup.

Acara dibuka oleh CEO BRI Ventures, Nicko Widjaja, dalam sambutannya Nicko mengatakan bahwa BRI Ventures akan terus mendukung para startup di Indonesia dengan mengajak investor lokal dan yang lainnya yang tergabung di dalam Dana Ventura Sembrani Nusantara juga terus membangun industri modal ventura di tanah air.

Selanjutnya sesi pertama yang bertajuk Synergy and Collaboration dibuka dengan pemaparan dari Markus Liman Rahardja, CIO BRI Ventures yang memaparkan bahwa ditengah kondisi seperti sekarang ini, potensi investasi di sektor early stage justru mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan growth to late stage, terlihat dari dua dana ventura milik BRI Ventures yang berhasil mengumpulkan investor-investor baik lokal maupun luar negeri untuk berpartisipasi.

(BACA JUGA:Lambungkan Image Teh Indonesia di Mata Dunia, BRI Dukung UMKM Sila Tea di Pasar Tong Tong Belanda)

Bapak Bambang W. Budiawan Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2B OJK, dalam sesinya memaparkan bahwa industri modal ventura di Indonesia telah berkembang signifikan, yang salah satunya didorong oleh inovasi dari BRI Ventures melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara yang merupakan dana ventura pertama di Indonesia yang sekaligus menjadi pioneer dan cikal bakal dari produk dana ventura berbasis di Indonesia.

Beliau  mengambil  contoh  Dana Ventura Merah Putih yang baru saja dirilis oleh lima CVCs BUMN merupakan iterasi dari Dana Ventura Sembrani Nusantara yang dirilis pada tahun 2020.

Saat ini, 90% portfolio Dana Ventura di indonesia merupakan portoflio yang dimiliki oleh Dana Ventura Sembrani Nusantara, terang bapak Bambang W. Budiawan.

Di sesi selanjutnya, Benjamin Twoon, Co-Founder & CCO Fundnel di Singapura, memberikan pandangan mengenai pasar secondaries market startup saat ini, yang juga sekaligus mengungkapan inisiatif BRI Ventures untuk bekerja sama dengan Fundnel membentuk secondary fund yang nantinya akan bertujuan untuk memperluas investasi BRI Ventures bagi startup lokal dan juga Asia Tenggara.

(BACA JUGA:Kepercayaan Investor Terus Meningkat, BRI Raih Penghargaan Saham Terbaik Big Cap Sektor Keuangan)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: