Harga PS5 Naik, Bagaimana dengan Xbox? Ini Kata Bosnya

Harga PS5 Naik, Bagaimana dengan Xbox? Ini Kata Bosnya

Xbox Series X, Image Credit: Microsoft--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sony telah menaikan harga PlayStation 5 sebagai respon mereka terhadap kenaikan biaya pembuatan konsol.

Terkait dengan hal itu, saingan PlayStation, Xbox disebut tidak berencana menaikan harga konsol mereka dalam waktu dekat ini.

Meski begitu, bukan berarti Microsoft sama sekali tidak punya rencana akan kenaikan Series X dan Series S.

“Sambil jalan, kami selalu mengevaluasi bisnis kami, jadi saya rasa kami tidak bisa mengatakan bahwa kami tidak akan pernah melakukannya (menaikan harga Xbox),” kata bos Xbox Phil Spencer seperti dikutip FIN dari TechRadar.

“Namun yang pasti saya bisa mengatakan bahwa saat ini kami tidak punya rencana menaikan harga konsol kami”.
 
“Di saat konsumen sedang menghadapi tantangan dan ketidakpastian ekonomi, saya rasa menaikan harga konsol bukan langkah yang tepat bagi kami,” tegasnya.

Akhir Agustus lalu, Sony Group Corp mengungkapkan kenaikan harga konsol game PlayStation 5 di beberapa belahan dunia.

Kenaikan harga PS5 tersebut adalah akibat dari tekanan ekonomi yang melanda dunia.

Menurut Sony, sebagaimana dilaporkan Reuters, harga PS5 Disk Edition naik menjadi 549,99 euro di Eropa, dari sebelumnya 499,99 euro.

Meski harga PS5 naik di sejumlah wilayah, Sony memastikan harga konsol di Amerika Serikat stabil.

Sony pada Mei menyatakan tahun ini adalah waktu yang tepat untuk memproduksi lebih banyak unit PS5 supaya bisa menutup kesenjangan produksi PlayStation 4.

Nintendo Juga Belum Punya Rencana Menaikan Harga Konsolnya

Inflasi tengah terjadi saat ini, dan salah satu efeknya terhadap dunia gaming adalah lonjakan harga konsol, sebagaimana yang terjadi pada PlayStation 5.

Meski begitu, inflasi sepertinya tidak mempengaruhi kebijakan semua produsen konsol, Nintendo salah satunya.

Seperti dilaporkan Eurogamer, Nintendo belum punya rencana untuk menaikan harga Switch, meski inflasi melanda.

Menurut Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa, pihaknya tidak memiliki rencana untuk menaikan harga konsol gaming mereka, sebagaimana disampaikan kepada pra pemegang saham.

"Kami belum bisa berkomentar soal strategi harga, saat ini ini kami tidak punya rencana untuk mengubah harga perangkat keras kami karena inflasi atau kenaikan biaya pengadaan di setiap negara," kata Nintendo dalam sebuah pernyataan.

"Harga akhir kepada konsumen ditentukan oleh penjual, tapi, seperti yang dikatakan Tuan Furukawa, Nintendo tidak punya rencana untuk menaikkan harga perangkat keras," kata Nintendo lagi.



DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: