PeduliLindungi Sudah Kembali Normal

PeduliLindungi Sudah Kembali Normal

PeduliLindungi, Foto: PeduliLindungi.id--

JAKARTA, FIN.CO.ID - PeduliLindung dilaporkan sempat bermasalah. Masalah yang dimaksud adalah kesulitan pengguna untuk mendapatkan akses masuk ke dalam aplikasi ini.

Terkait dengan kabar itu, Saf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan Kementerian Kesehatan Setiaji merespon.

Dalam pernyataannya, Setiaji mengatakan bahwa PeduliLindungi kini sudah kembali normal. Ia sekaligus membenarkan bahwa akses PeduliLindungi sempet bermasalah hingga Kamis petang.

Dalam keterangannya, gangguan itu ternyata ada hubungannya dengan program maintenance.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna PeduliLindungi. Saat ini pemeliharaan rutin masih berdampak pada sebagian pengguna PeduliLindungi," kata Setiaji seperti dikutip dari ANTARA.

Sebelumnya pada Rabu (14/9) pagi kemarin, PeduliLindungi juga sempat mengalami kendala, dan membuatnya sulit atau tidak bisa diakses oleh banyak pengguna.

Namun menurut Kementerian Kesehatan tak lama setelah itu, akses PeduliLindungi segera kembali normal.

Ternyata hal tersebut kembali terulang pada Kamis sore hingga malam sehingga beberapa pengguna tidak dapat mengakses layanan PeduliLindungi baik untuk melakukan "check-in" ke tempat publik.

Mereka yang ingin mengakses sertifikat vaksin COVID-19 secara online juga akhirnya mengalami kendala.

Hal ini lalu banyak diunggah para pengguna PeduliLindungi yang kesulitan menggunakan kendaraan umum, seperti stasiun kereta, dan diunggah di media sosial, Twitter salah satunya.

Saat ini kendala sulit akses PeduliLindungi sudah diatasi dan masyarakat bisa kembali menggunakan aplikasi secara normal.

Sebagai antisipasi bila PeduliLindungi kembali bermasalah, Setiaji menyarankan agar masyarakat bisa mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 ke gawainya agar nantinya saat beraktivitas di ruang publik masyarakat bisa menunjukkan status vaksinasinya dengan lebih mudah.

"Untuk kebutuhan memasuki ruang publik (apabila PeduliLindungi bermasalah) agar masyarakat dapat memanfaatkan fitur group check-in atau menunjukkan sertifikat vaksin yang telah diunduh," ujar Setiaji.

Adapun untuk memastikan PeduliLindungi bisa bekerja dengan optimal baik di ponsel dengan sistem operasi iOS maupun Android maka masyarakat bisa mengunduh pembaruan versi terbaru dari aplikasi PeduliLindungi.

Dengan versi aplikasi terbaru, pengguna bisa lebih nyaman dan memiliki pengalaman yang lebih baik untuk melakukan aktivitas bersama PeduliLindungi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: