Benarkah Muhammad Agung Hidayatullah Adalah Bjorka? Begini Penjelasan Polisi

Benarkah Muhammad Agung Hidayatullah Adalah Bjorka? Begini Penjelasan Polisi

Profil foto Bjorka--telegram

JAKARTA, FIN.CO.ID - Masyarakat dihebohkan dengan pemberitaan penangkapan pemuda Muhammad Agung Hidayatulloh asal Madiun, Jawa Timur yang diduga terlibat dengan Bjorka.

Keterlibatan pria 21 tahun dalam peretasan yang dilakukan akun dengan nama Bjorka masih didalami kepolisian.

(BACA JUGA:Bjorka Bongkar Niat Jokowi Pecat Johnny G Plate dari Menkominfo, Benarkah?)

Tim Khusus perlindungan kebocoran data pemerintah masih mendalami peran Muhammad Agung Hidayatullah yang ditangkap terkait dugaan keterlibatan dalam peretasan "Bjorka".

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan, apakah Muhammad Agung Hidayatullah adalah Bjorka atau bukan masih belum bisa dipastikan.

"Yang di Madiun sedang didalami terkait masalah yang bersangkutan (peretasan)," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Dedi membenarkan adanya tindakan hukum di Madiun, Jawa Timur, namun belum disimpulkan pemuda yang diamankan tersebut adalah "Bjorka".

(BACA JUGA:Tanggapi Penangkapan Pemuda Madiun, Hacker Bjorka Sebut Pemerintah Indonesia Idiot)

Dia menjelaskan Tim Khusus yang melibatkan Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sudah bekerja terkait pencegahan kebocoran data Pemerintah.

"Timsus sudah bekerja. Apa yang dilakukan akan disampaikan lebih lanjut oleh Timsus," tambah Dedi.

Jenderal bintang dua itu mengatakan informasi penangkapan terduga "Bjorka" itu baru diperoleh dari wilayah Madiun, Jawa Timur; sedangkan soal informasi penangkapan terduga hacker di wilayah Cirebon, Jawa Barat, belum diperoleh keterangan.

"Yang saya dapat informasi yang di Jawa Timur saja; yang di Cirebon belum, tidak ada (penangkapan)," kata Dedi.

(BACA JUGA:Diduga Hacker Bjorka, Polisi Tangkap Seorang Pemuda di Madiun)

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah itu mengatakan saat ini Tim Khusus masih bekerja untuk mendalami keterlibatan atau peran dari pemuda yang diduga "Bjorka" tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: