Bea Cukai Magelang Asistensi Pengusaha Kopi Temanggung Ekspor Perdana secara Mandiri ke Negara Turki

Bea Cukai Magelang Asistensi Pengusaha Kopi Temanggung Ekspor Perdana secara Mandiri ke Negara Turki

Bea Cukai Asistensi Pengusaha Kopi Temanggung--

TEMANGGUNG, FIN.CO.ID - Pandemi Covid-19 berangsur mereda seiring stabilnya pasar keuangan domestik dan menggeliatnya beberapa sektor perekonomian, seperti ekspor.

Meningkatnya geliat ekspor terutama produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu faktor pemulihan ekonomi nasional yang terus digaungkan pemerintah.

Bea Cukai, sebagai instansi pemerintah yang bertugas dalam pelayanan dan pengawasan ekspor turut memberikan dorongan agar produk UMKM bisa melakukan ekspor mandiri sehingga dapat bersaing di pasar internasional.

(BACA JUGA:Sinergi dengan TNI AD dan Kejaksaan RI Jadi Kunci Bea Cukai Optimalkan Pengawasan Kepabeanan dan Cukai)

Windarto, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Magelang, mengungkapkan bahwa CV Kwadungan Coffee, salah satu unit UMKM di bawah pengawasan Bea Cukai Magelang berhasil mengekspor produk unggulannya berupa kopi, pada Jumat (09/09).

“Kami bersyukur dapat menghadiri proses ekspor perdana produk kopi dari Kabupaten Temanggung. Kami berharap keberhasilan CV Kwadungan Coffee dalam melakukan ekspor perdana dapat diikuti oleh pelaku UMKM lainnya di Kabupaten Temanggung,” imbuhnya.

Kabupaten Temanggung yang terletak di Provinsi Jawa Tengah memang terkenal dengan sebutan “Kota Tembakau” karena sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani tembakau. Namun, selain terkenal dengan tanaman tembakaunya, Kabupaten Temanggung juga terkenal sebagai daerah penghasil kopi.

Kopi yang berkualitas mengantar Kabupaten Temanggung memasarkan produk kopi ke penjuru dunia. Kali ini, melalui CV Kwadungan Coffee, produk kopi jenis robusta asal Kabupaten Temanggung berhasil dipasarkan ke Negara Turki.

Machsun, selaku pemilik usaha CV Kwadungan Coffee mengungkapkan kebahagiaannya karena berhasil mengirim produk andalan Kabupaten Temanggung ke pasar internasional.

“Saya bahagia sekali karena berhasil mengirim ekspor secara mandiri. Kali ini memang baru satu container, tetapi rencana ke depannya akan rutin tiga container tiap bulan,” tandasnya.

“Kami menyambut baik rencana CV Kwadungan Coffee untuk memasarkan produk ke luar negeri. Mudah-mudahan keberhasilan ekspor perdana ini dapat melecut semangat pelaku UMKM lainnya di Kabupaten Temanggung untuk melakukan ekspor,” pungkas Windarto.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: