Masalah Jamur di Kulit Tidak Kunjung Sembuh padahal Sudah Diobati, Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Masalah Jamur di Kulit Tidak Kunjung Sembuh padahal Sudah Diobati, Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Kulit Berjamur, Image oleh mohamed Hassan dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda tengah mengeluhkan masalah jamur yang hingga saat ini tidak kunjung sembuh, padahal Anda sudah menggunakan obat anti jamur untuk mengatasinya.

Kulit yang gatal dan memerah adalah beberapa gejala yang ditunjukan oleh kondisi Anda.

Yang jadi pertanyaannya, mengapa masalah jamur di kulit Anda tidak kunjung sembuh meski sudah diobati.

(BACA JUGA:Punya Keluhan Kulit Kering? Ini yang Salah dengan Anda)

Menurut dr. Riza Marlina, kondisi yang Anda alami mungkin saja bukan disebabkan oleh masalah jamur, akan tetapi masalah lainnya.

Dermatitis kontak, radang yang disebabkan oleh bahan iritan atau alergan, dan gigitan serangga mungkin adalah penyebabnya.

Itulah alasan mengapa kondisi Anda tidak kunjung membaik, meski sudah diobati dengan obat anti jamur.

“Saran saya jika anda sudah mengatasi dengan obat anti jamur namun tidak membaik, sebaiknya konsultasikan secara langsung ke dokter,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Jika memang karena jamur, dokter bisa mengganti jenis obat anti jamur yang lain dan memberikan cara penggunaan yang tepat serta memberikan obat secara oral juga baik obat anti jamur dan antigatal”.

Pada kasus gatal dan ruam yang disebabkan oleh pencetus lain, di luar dari masalah jamur, lanjut dr. Riza Marlina, “Dokter akan memberikan obat yang lebih tepat sesuai penyebab yang mendasari”.

Untuk mencegah kondisi ini tidak memburuk, Anda disarankan untuk tidak menggaruk area kulit yang terdampak, menggunakan barang bersamaan dengan orang lain, dan tidak membiarkan kulit dalam keadaan lembab.

Penyebab Kulit Gatal Datang dan Pergi

Anda memiliki keluhan kulit yang gatal, dan sensasi gatal itu kerap datang dan pergi?

Well, untuk kondisi yang bernama pruritus atau kulit gatal ini menurut dr. Riza Marlina dicetuskan oleh banyak faktor.

Adapun jika disebabkan oleh penyakit kulit, rasa gatal pada kulit umumnya kata dr. Riza Marlina, disebabkan oleh kondisi seperti eksim, biduran, dermatitis kontak alergi, dermatitis kontak iritan, psoriasis, folikulitis, prurigo, infeksi jamur.

Gatal pada kulit ini lanjut dr. Riza Marlina, bisa diakibatkan oleh gigitan atau sengatan serangga, atau dikarenakan paparan virus, bakteri, jamur dan parasit.

Di luar dari penyakit kulit, rasa gatal pada kulit juga bisa dipicu oleh beberapa kondisi lain yang tidak terkait kulit.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: