Penyebab Gempa Nias Utara Sore Tadi Menurut BMKG

Penyebab Gempa Nias Utara Sore Tadi Menurut BMKG

Gempa, Image oleh Tumis dari Pixabay--

MEDAN, FIN.CO.ID - Gempa tektonik dengan magnitudo 5,2 dilaporkan terjadi di wilayah Nias Utara, Sumatera Utara pada Pukul 14.58 WIB Kamis sore tadi tidaklah berpotensi tsunami.

Menurut keterangan pihak BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,47° LU ; 96,95° BT.

Itu artinya, titik gempa berlokasi di laut pada jarak 7 Km arah Barat Laut Lahewa, Nias Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 26 km.

(BACA JUGA:Bolaang Mongondow Diguncang Gempa dengan Kekuatan Magnitudo 5,3)

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, BMKG bisa menentukan penyebab gempa yang terjadi.

Menurut BMKG, gempa bumi yang terjadi sore tadi itu, merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa bumi yang seperti ini menurut BMKG diakibatkan oleh adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Adapun wilayah yang merasakan dampak dari gempa bumi kali ini, adalah mereka yang berada di daerah Nias Barat, dengan skala intensitas III-IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Selain itu, daerah Nias Utara juga salah satu yang terdampak dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Sementara itu di daerah Gunung Sitoli dan Aceh Singkil, gempa bumi dilaporkan berada pada skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Sedangkan di daerah Pasie Raja-Aceh Selatan dan Pulau Banyak dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: