Bank Indonesia: Cadev RI Stabil di Angka USD132,2 Miliar

Bank Indonesia: Cadev RI Stabil di Angka USD132,2 Miliar

Ilustrasi - Cadangan Devisa RI akhir Juni naik (pexels-karolina-grabowska)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Bank Indonesia (BI) melaporkan, posisi cadangan devisa (Cadev) RI per bulan Agustus 2022 relatif stabil, dibandingkan dengan posisi bulan Juli 2022, yang tercatat sebesar USD132,2 miliar. 

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan perkembangan posisi cadev pada Agustus 2022 antara lain dipengaruhi oleh peningkatan penerimaan pajak dan jasa, penerimaan devisa migas. 

(BACA JUGA:Inflasi Tinggi Amerika Seret Rupiah Makin Rendah)

(BACA JUGA:Sri Mulyani Bandingkan Subsidi Energi Rp502 T Setara dengan Pembangunan 3.333 Rumah Sakit)

Di sisi lain, kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah, sejalan dengan masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global mengurangi cadev.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," ujar Erwin Haryono dalam keterangannya, Rabu 7 September 2022.

(BACA JUGA:Persilahkan Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan BBM, Sahabat Polisi: Aksi Tidak Boleh Anarkis)

(BACA JUGA:Jadi Tuan Rumah CSS XX, Sekda: Kabupaten Tangerang Akan Jadi Model Sanitasi Se-Indonesia)

Bank Indonesia menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: